Pemkab Selayar Gelar Sosialisasi Implementasi Perpres Nomor: 39 Tahun 2019

  • Whatsapp

Selayar, tribuntipikor.com

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Kominfo Statistik dan Persandian melakukan sosialisasi implementasi peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia dan penyusunan standar operasional prosedur (SOP) forum satu data sekaligus dirangkaikan dengan Bimtek penyusunan metadata, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati, Kamis (11/8/2022).

Sosialisasi dan bintek ini dibuka oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Muh Basli Ali.

Bupati Basli Ali mengatakan dalam pengambilan keputusan, pemerintah harus merujuk kepada data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. Menurut dia, tata kelola penyelenggaraan data yang baik menjadi faktor penting dalam proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan suatu daerah.

“Presiden melalui kebijakan satu data Indonesia memberikan pemer6pusat dan daerah sebuah acuan pelaksanaan dan pedoman dalam penyele6tata kelola data,” pungkas Bupati Kepulauan Selayar dua periode ini.

Basli Ali juga mengemukakan untuk penguatan tata kelola satu data tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, forum satu data daerah perlu untuk senantiasa melakukan konsolidasi untuk memperkuat koordinasi penyelenggaraan Statistik sektoral dalam rangka mewujudkan ketersediaan data yang akurat, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Data bukan hanya mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah, tetapi juga mudah diakses oleh masyarakat,” kata Basli Ali.

Menurutnya, kegiatan bimtek penyusunan metadata tersebut adalah sebuah langkah awal untuk menghasilkan data yang sesuai dengan prinsip satu data Indonesia, yaitu memiliki standar data, metadata, memenuhi kaidah interoperabilitas dengan menggunakan kode referensi atau data induk.

“Saya mengimbau kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar nantinya memiliki kompetensi dalam penyusunan metadata,” tutup Basli Ali.

Dalam sosialisasi tersebut hadir Kepala Bappelitbangda Drs. H. Basok Lewa selaku narasumber, bersama Sekretaris Dinas Kominfo SP Siti Rahmania, S.H, juga perwakilan dari Usaid Erat Chrissiana Shinta Widimulyani serta Kepala Bidang Statistik Diskominfo SP Andi Krisnayanti, S. Sos.

Pesertanya kata Kabid Statistik sebanyak 70 orang terdiri dari para Kepala OPD, para Kepala Bagian Setda, para agen statistik OPD, dan para agen statistik bagian Setda Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sosialisasi dan bimtek ini kita laksanakan dua hari, 11-12 Agustus,” tutup Andi Krisnayanti.(Ucok Haidir )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *