Anggaran Proyek Mini Zoo Di Purworejo Telan Dana 9,4M, Tetapi Fakta Di Lapangan Bangunan Proyek Berkualitas Buruk!

PURWOREJO, tribuntipikor.com

Proyek pembangunan Mini Zoo (Kebun Binatang Mini) yang terletak di Jalan Nasional Purworejo-Magelang, Kelurahan Keseneng Kecamatan/Kabupaten Purworejo tidak sesuai spek proyek bangunan pemerintah, pondasi bangunan gampang ambrol dan rapuh.

Proyek pembangunan yang di sinyalir menelan dana sebesar 9,4 Miliar tersebut dinilai tidak layak, Seperti saat Tim Gabungan Awak Media Jateng dan Tribuntipikor.com melakukan pemantauan secara langsung di proyek bangunan tersebut. Dalam pantauan awak media, struktur bangunan tersebut memang tidak layak. Seperti yang ditemukan pada pondasi bangunan tersebut gampang ambrol dan sangat rapuh, padahal diketahui sesuai kontrak kerja proyek bangunan tersebut harus sudah selesai akhir Desember 2023.

Awak media menilai struktur bangunan mini zoo tersebut sangat rawan. Hal itu sangat berbahaya bagi pengunjung nantinya jika proyek tersebut tetap dilanjutkan. Senderan yang hanya setinggi itu dan kontur tanah masih labil tanpa slup dan tanpa cakar ayam. Baru terkena hujan 2 hari semua retak dan ambrol, bisa dibayangkan kalau bangunan tetap dilanjut dan kelak saat banyak pengunjung terjadi longsor maka nyawa manusia menjadi pertaruhan.

Dalam pantauan awak media, ditemukan bahan bakar yang di gunakan untuk proyek tersebut juga tidak sesuai dengan anjuran pemerintah, yaitu mereka menggunakan Bahan bakar bersubsidi jenis solar, yang mana seharusnya proyek tersebut wajib menggunakan Dexlite, karena proyek tersebut merupakan proyek bangunan milik pemerintah.

Diketahui proyek tersebut juga tidak memperhatikan keselamatan bagi para pekerja, Dalam fakta di lapangan ditemukan seluruh pekerja umumnya tidak ada yang memakai atribut keselamatan kerja, berupa helm dan rompi safety. Padahal dalam proyek tersebut juga terdapat plang bertuliskan “Utamakan Keselamatan Pekerja”. Namun kenyataannya keselamatan pekerja tidak di perhatikan.

Kami menilai berbagai pihak perlu dimintai keterangan mengapa proyek tersebut bisa mudah hancur, mulai dari konsultan perencana, pelaksana dan pengawas, kenapa bisa seperti itu.

Kami selaku Tim awak media gabungan Jateng, dan Ketua LSM DPD Jateng, Andi Prasetyo akan segera melayangkan surat dan membuat aduan kepada pihak terkait, Baik Bupati Purworejo, Dinas pemerintah terkait, dan Polda Jateng serta Polres Purworejo, mengenai pembangunan proyek Mini Zoo yang dinilai tidak sesuai spek pemerintah dan RAB.

Andi Prasetyo /Jateng

Pos terkait