Desa Mekarsari Bayongbong Garut, Tunaikan BLT-DD Untuk Tiga Bulan

Garut, tribuntipikor.com

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Bulan Ramadhan ini dirasakan warga Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa – Barat, yang pembagiannya dilakukan langsung oleh Kepala Desa (Kades) H. Dadang.

Pasalnya di awal bulan Puasa ini Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarsari secara bersamaan telah menyalurkan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.104/2021, yakni 40% DD untuk BLT-DD.

Hal tersebut, di katakan H. Dadang pada saat diwawancarai di ruang kerjanya. Menurutnya. Seperti beberapa hari yang lalu, desa Mekarsari telah membagikan bantuan tersebut kepada 130 KPM dengan pembagian untuk waktu tiga bulan terhitung Januari, Februari dan Maret. per KPM menerima total Rp. 900 ribu, Jumat (09/05/2022)

“Pencairan tahap pertama ADD dikhususkan untuk BLT-DD, karena itu dengan disalurkannya bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di awal Ramadhan diharapkan dana yang diterima dapat dimanfaatkan untuk menambah kebutuhan mereka selama berpuasa,” ujarnya.

Sementara disampaikan oleh bendahara desa Mekarsari, Jaka yang ikut hadir dalam penyaluran tersebut dan mengatakan, tentang proses penetapan KPM dalam mengakomodir Perpres No.104/2021, diantaranya melalui musyawarah desa khusus (Musdesus).

Jaka menjelaskan, pihaknya berharap bantuan yang disalurkan benar-benar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan mendasar diantaranya pembelian sembako atau untuk kepentingan yang sifatnya urgent.

“Semoga dengan bantuan yang terus disalurkan oleh pemerintah khususnya desa Mekarsari ini akan berdampak baik dalam pemulihan ekonomi yang sempat terpuruk akibat adanya Virus atau Wabah Pandemi Covid-19. ,” pungkasnya, (Wawan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *