Peresmian Flyover di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi

Bandung, tribuntipikor.com

Flyover di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi akhirnya diresmikan pada Kamis, 22 April 2021, usai 4 bulan dalam masa uji coba.
Penyerahan flyover dari Pemprov Jabar ke Pemkot Bandung dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasati peresmian oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Ini menandakan apa yang diaspirasikan oleh Kota Bandung, kita penuhi. Ada 2 ruas jalan, Jalan Jakarta dan Pelajar Pejuang, mudah-mudahan diperlancar,” katanya saat peresmian di flyover Jalan Laswi.
Menurut Ridwan Kamil, seiring waktu dan bertambahnya jumlah penduduk di Kota Bandung maka lalu lintas akan semakin padat. Untuk itu, jalan layang dapat membantu mengurangi beban kemacetan.
Mari terus membangun Kota Bandung, membangun Jawa Barat setiap harinya untuk perubahan kemajuan menuju kebaikan dan kesejahteraan,” ucapnya.
Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M. Danial bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jawa Barat yang telah membantu infrastruktur Kota Bandung.
Alhamdulillah Kota Bandung sebagai penerima manfaat dari pembangunan dua flyover ini, yang dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Barat,” katanya.
Atas nama warga, masyarakat Kota Bandung mengucapkan terima kasih. Saya mengimbau kepada seluruh warga Kota Bandung mari manfaatkan sebaik-baiknya dan kita rawat bersama-sama,” lanjutnya.
Oded pun menyampaikan, saat ini Pemkot Bandung masih terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar, Kementrian PUPR, dan Kementrian ATR/BPN, serta pihak lainnya dalam pembangunan infrastruktur di Kota Bandung, terutama flyover.
Sekarang sedang dibangun flyover Kopo. Mudah-mudahan segera selesai. Kita juga sedang bahas flyover Samsat-Buahbatu yang turunnya di Batununggal,” katanya.
Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, A Koswara mengatakan, tujuan pembangunan dua flyover tersebut yaitu mengurangi kemacetan lalu lintas yang terjadi dan meningkatkan aksesibilitas wilayah.
Pada 2021 ini dua flyover tersebut akan dilakukan pekerjaan beautifikasi sehingga dapat memberikan nilai estetika bagi Kota Bandung, tentunya yang selaras dengan Jawa Barat,” katanya.
Pembangunan ini merupakan upaya pembangunan strategis yang dipersembahkan oleh Pemprov Jawa Barat untuk masyarakat dan mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi daerah,” ungkapnya.
Flyover Jalan Jakarta memiliki bentang jembatan 40,8 meter dengan panjang keseluruhan kurang lebih 480 meter. Jembatan ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp 34 miliar. 
Sedangkan flyover Jalan Laswi memiliki bentang jembatan 35,8 meter dengan panjang keseluruhan 480 meter. Sedangkan biaya pembangunannya sebesar Rp29 miliar.
(Edwar,Nt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *