Pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) Kalimantan

  • Whatsapp

Kalbar, tribuntipikor.com

Pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) Kalimantan Barat Kamis 22 April 2021 di Kantor Bupati Kubu Raya, yang dihadiri Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) bapak Ir. Arifin Lambaga, M. S. E juga di hadiri Penasehat DPN MSI bapak Dr. Ir. H. Iskandar Andi Nuhung MS dan dihadiri juga Wakil Bupati Kubu Raya bapak Sujiwo,. S.E,. M.Sos sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Kalimantan Barat periode 2021-2026.
Sambutan dari Ketua Umum DPN MSI bapak Ir. Arifin Lambaga, M. S. E menyatakan semoga dengan terbentuknya DPW MSI Provinsi Kalimantan Barat bisa membantu perekonomian para petani singkong, kita tau Indonesia ini belum sesenebel dalam memenuhi dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakatnya, kita masih mengimport sebagian besar makanan kita mulai dari beras, tepung tapioka, tepung terigu 11 juta ton pertahun. Dalam kondisi sekarang ini FAO menganjurkan agar suplay pangan itu dilokakisir, sehingga yang paling baik adalah mengembangkan pangan-pangan local. Salah satu pangan local yang di kembangkan adalah singkong, karena singkong ini keungulannya melebihi beras, kalau masyarakat terkena diabetes atau ada anak-anak autis / latarbelakang itu tidak boleh makan tepung terigu tetapi di ajurkan memakan beras singkong. Pengurus DPN MSI akan berkerja sama dengan kementrian-kementrian akan membangun pabrik mini di Kubu Raya karena singkong di Kalimantan barat masa panen nya sangat pendek 3 setengah bulan sampai 4 bulan yang paling ungguldi Indonesia belum ada provinsi lain seperti singkong di Kalimantan barat karena rata-rata mulai panen 9 sampai 10 bulan. Bisa 2 kali panen selama setahun dikalimantan barat.terima kasih kepada wakil bupati kubu raya bapak Sujiwo,. S.E,. M.Sos yang telah bersedia menjadi Ketua DPW MSI Provinsi Kalimantan Barat.


Sambutan dari ketua DPW MSI Provinsi Kalimantan Barat bapak Sujiwo,. S.E,. M.Sos sekaligus Wakil Bupati Kubu Raya. Kalua untuk menanam singkong di daerah kubu raya lahan untuk menanam singkong cukup luas dan lahannya sangat pontensi untuk di tanam singkong, hanya memang para petani sampai saat ini kurang tertarik untuk menanam singkong. Karena petani sudah mulai menghitung secara ekonomis, kalau menanam singkong kadang-kadang mau jual kemana. Semoga dengan dilantiknya DPW MSI Provinsi Kalimantan Barat bisa memberikan atau membantu menyakinkan untuk memberikan jaminan tentang marketnya, tentang harga jualnya, harapan saya semoga ada pabrik pengelohan, apakah itu pengelohan tepung tapioka atau beras singkong saya yakin pasti ada jaminan pasar. Para petani pasti tertarik untuk menanam singkong karena menanam singkong ini kan sangat mudah dan perawatannya tidak terlalu ribet.
Pelantikan DPW MSI Provinsi Kalimantan Barat juga dihadiri para pengurus Kelompok Tani, Bumdes, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Desa dari Kubu Raya dan Sanggau.
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) Provinsi Kalimantan Barat periode 2021-2026, Ketua DPW : Sujiwo,. S.E,. M.Sos, Wakil Ketua : Dr. Busri Ismail,. M.Pd, Sekretaris : Budiman S.Pd, Wakil Sekretaris : Shalihin, Bendahara : Candra Bustami, S.H, Wakil Bendahara : Loeloek Nurheny, S.Sos dan beberapa bidang lainnya yang tergabung pak LESARUS ON, S.E, Herpendi, Suparno Asni, Suratno, Saidek.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *