Pelepasan Siswa – siswi Kelas VI Tahun Pelajaran 2022-2023. SDN 06 Cileungsi Di isi Pensi dan Adat Lengser

Bogor, tribuntipikor.com

Enam tahun lamanya peserta didik Sekolah Dasar dibina dan digembleng oleh para guru, terpancar nyata ada momen rasa haru, sukacita dan kemeriahan saat dilepas dari sekolahnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Hal ini terlihat pada acara Pelepasan Siswa Kelas VI Tahun Pelajaran 2022-2023 SDN 06 Cileungsi Kab Bogor Jawa Barat pada Rabu (21/6/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Pengawas Bina Gugus Kec Cileungsi Aang Nandang Iskandar, S.Pd M SI, Sekretaris PGRI Kec Cileungsi Jaja, M.Pd, mantan Kepala Sekolah SDN 06 Cileungsi H. Aas, Komite Sekolah H. Rasim Kusba, M.M, Kepala Sekolah H. Iwan Setiawan, M.Pd beserta jajaran Guru dan orang tua/wali murid khususnya Kelas VIA, VIB, VIC dan VID.

Pengawas Bina Gugus Kec Cileungsi Aang Nandar Iskandar menekankan kepada peserta didik yang lulus dan mengikuti wisuda pelepasan hari ini agar memperhatikan adab selain mengejar ilmu, karena adab lebih tinggi dari ilmu.

Jaga adab , jaga sopan santun, hormati Guru dan kedua orang tuamu, sayangi teman dan adek-adekmu. Ilmu tanpa adab seperti jasad tanpa ruh. Bahkan nasehat para Kyai bilang, pelajari dulu adab sebelum mendapatkan ilmu. pinta Aang.

“SDN 06 Cileungsi adalah Sekolah legendaris, sejarah mencatat alumni sekolah ini berhasil sampai perguruan tinggi dengan kriteria yang tinggi. Bapak-Ibu orang tua siswa tidak salah menyekolahkan anak-anaknya di sekolah ini.. puji Aang

Wim Romroma selaku perwakilan orang tua murid menyatakan begitu banyak sejarah sejak enam tahun lalu. Sekolah berhasil karena orang tua mendukung sekolah dan orang tua berhasil (anak-anaknya lulus) karena luar biasa guru-guru nya.

Hatur nuhun kasadayana para guru yang kami banggakan (terimakasih banyak untuk guru semuanya) hampura (maaf) kalau selama ini para orang tua kurang komunikasi dengan sekolah. ujar Wim.

Sementara itu Kepala Sekolah H.iwan Setiawan M.Pd kepada awak media menyatakan harapannya kegiatan seperti ini bisa berlangsung setiap tahun, sehingga anak didik punya momen kebanggaan bagi mereka setelah belajar selama enam tahun.

Ini suatu momen tujuannya bisa untuk memotivasi mereka lebih bersemangat dengan harapan dan cita-citanya. Persiapan kegiatan ini sudah di musyawarahkan dengan orang tua sejak enam bulan lalu, sehingga untuk yang berpartisipasi dalam acara ini memiliki waktu yang luang untuk menyukseskan acara”, ungkap H. Iwan yang juga saat ini menjabat Ketua K3S.

Sebelum tiba acara puncak pengalungan medali wisuda pelepasan bagi siswa kelas VI (VI-A-VI-D) sebanyak 156 orang tersebut acara diisi dengan berbagai pentas seni (pensi), pidato tiga bahasa, apresiasi bagi siswa tersantun dan terdisiplin. Siswa tersantun yang menerima penghargaan; Estiningtyas, Vivian, Nayaka dan Nathania. Sementara untuk siswa terdisiplin; Virania, Khalisya, Sivana dan Jovan.

Dan sebelum prosesi pengalungan medali, terlebih dahulu digelar acara adat Lengser (pimpinan Abah Iwan), suatu tradisi adat Sunda sarat (penuh) dengan nilai-nilai budaya untuk melepas siswa dari sekolah SDN 06 Cileungsi ke jenjang pendidikan berikutnya, dilanjutkan dengan prosesi wisuda, paduan suara dan diakhiri dengan doa. pungkas”. ( a.rizky)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *