Masyarakat Muslim di Kabupaten Ciamis Laksanakan Shallat Ied Dibagian Timur Alun-Alun Ciamis

CIAMIS, tribuntipikor.com

Sebagian besar umat muslim di Indonesia pada hari ini melaksanakan Shalat Idul Fitri 1.444 Hijriah, begitu juga masyarakat muslim di Kabupaten Ciamis.

Kali ini Shalat Ied dilaksanakan di bagian Timur Alun-alun Ciamis, berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di pelataran Masjid Agung Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Wakil Bupati, Yana D Putra, jajaran Forkopimda beserta ribuan masyarakat melaksanakan Shalat Idul Fitri ditempat tersebut pada Sabtu pagi (22/04/2023).

Bertindak sebagai Imam Salat Idul Fitri 1.444 Hijriyah Tahun 2023 ini dipimpin oleh Dr. KH Munawar Hadiatin sedangkan Khotib adalah Prof Dr KH Hasan Bisri.

Dalam momentum Shalat Ied tahun ini Bupati Ciamis menyampaikan kepada para jama’ah akan pentingnya membangun keshalehan sosial maupun keshalehan individual.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis, mari kita jadikan momentum Hari Raya Idul Fitri ini sebagai edukasi untuk membangun kesalehan individual dan kesalehan sosial,” ucapnya.

Menurutnya, membangun kesalehan individual menjadi penting bagi ummat Islam, dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Begitu juga, kita sebagai makhluk sosial, penting rasanya membangun kesalehan sosial, yang senantiasa menjalin interaksi dengan sesama, seperti menjalin hubungan silaturrahmi, menolong orang yang kesusahan, membantu fakir miskin, menyantuni anak yatim, tanggap bencana, memberantas kebodohan dan keterbelakangan”, terangnya.

Selanjutnya, Bupati mengatakan bahwa pada perayaan Idul Fitri tahun ini masyarakat perlu bersyukur pasalnya pemerintah telah memberikan kelonggaran dan kebijakan untuk dapat merayakan hari kemenangan dengan berkumpul bersama keluarga.

“Kita patut bersyukur, bahwasanya pada hari raya idul fitri tahun ini, pemerintah telah memberikan kelonggaran kebijakan, sehingga kita berkesempatan merayakan hari kemenangan ini dengan berkumpul, berjumpa dan melepas rindu bersama keluarga,” Jelasnya.

“Semua ini adalah nikmat yang Allah berikan kepada ummat islam, yang telah menyempurnakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini, ” Pungkasnya.

(Asep setiabudi//nett)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *