BKPH Dander Sosialisasikan Sistem Keberhasilan Tanaman dan Pemberian Bingkisan

Bojonegoro Jatim, tribuntipikor.com

Menjelang musim hujan dan tanam BKPH Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melaksanakan giat sosialisasi dan/atau pengarahan kepada masyarakat sekitar hutan diwilayah nya tentang bagaimana cara menanam sebuah pohon agar dapat menuai keberhasilan dari hasil pohon itu sendiri, sehingga para Pesanggem selangkah lebih maju dalam bercocok tanam dan berhasil serta ikut serta merawat kelestarian lingkungan di sekitar hutan,

Kegiatan program sosialisasi ini, dilaksanakan BKPH Kecamatan Dander dari tanggal 15 September hingga Sabtu tanggal 17 September 2022 mulai pukul 09:09 Wib sampai selesai, untuk 2 wilayah, yaitu, wilayah RPH Sampang dan RPH Sumberarum yang tepatnya berada di Saung Gua Lowo dukuhan Gua lowo Desa Sumberarum, Kecamatan Dander.

Dalam penyampaiannya Agung Wibowo selaku Asper RPH Sumberarum BKPH wilayah Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro mengucapkan terimakasih atas kehadirannya kepada ke 2 LMDH yakni LMDH Jati Arum dan LMDH Jati Sampang serta seluruh Pesanggem Pesanggem wilayah dukuhan Gua Lowo, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan Aamiin….

Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa untuk lahan perhutani diwilayah petak 88 ini, kami berpesan agar juga diperhatikan perawatannya, khususnya untuk tanaman minyak kayu putih, terutama bila membakar lahan agar betul-betul dijaga, karena pohon minyak kayu putih ini rentan hawa panas. Ucapnya.

“Bapak-bapak pesanggem yang ada tanaman, penggarap ditahun 2020 harus segera menyulami dan menjaga tanaman pokok dengan baik,” jelasnya.

Agung juga meminta kepada para bapak-bapak pesanggem untuk lebih giat melakukan penanaman dengan tidak hanya tanaman Agro saja yang dirawat, tentunya tanaman yang non Agro juga perlu diperhatikan perawatannya. Dan saya berpesan kepada warga untuk melaporkan kepada petugas jika menemukan tentang adanya tindak pencurian kayu. Ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Agus selaku Ketua RPH Dander menyampaikan, disamping apa yang telah disampaikan oleh pak Agung tadi bahwa guna lebih menjaga kelestarian lingkungan hutan, serta ikut menjaga program tanaman hutan baru, juga untuk keberhasilan tanaman Pesanggem sendiri, untuk itu silahkan hal ini serius dapat diperhatikan dan dilaksanakan oleh bapak-bapak Pesanggem. Ucapnya.

Sosialisasi ini bentuk kepedulian kita bersama untuk saling menjaga kelestarian lingkungan hutan, kegotong royongan merupakan kebersamaan yang membuahkan kebahagiaan dalam kemitraan ini. Ungkapnya.

Pun demikian Suhardi selaku Ketua LMDH Jati Arum yang juga sebagai Aktivis Demokrasi menambahkan dan mengajak kepada para pesanggem untuk taat pada apa yang berlaku di Perum Perhutani, hal ini, supaya tanaman bisa berhasil dengan baik dan juga berhak untuk menyampaikan, memberikan tugas pada Pokja untuk membantu perhutani. Ungkapnya.

Disisi lain, Kaur TK Jasidin meminta
kepada para pesanggem dengan lebih serius terkait apa yang sudah disampaikan didepan, hal ini tentu agar supaya tanaman bisa lebih berhasil, karena pesanggem dan LMDH ini kan merupakan mitra dari Perum Perhutani. Ungkapnya.

Diakhir Giat Sosialisasi juga diadakan pemberian bingkisan kepada Pesanggem yang rajin mengelola dan menjaga kelestarian lingkungan hutan.

Diketahui: Hadir dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut, Agung Wibowo selaku Asper RPH Sumberarum BKPH wilayah Dander beserta Ketua RPH Dander Agus, Ketua RPH Sumberarum Dimyati, Ketua LMDH Jati Arum, Sumberarum, LMDH Jati Sampang, Sampang, Kaur TK Jasidin, Para Pesanggem didua Wilayah Sumberarum dan Sampang sekitar 50 lebih berjalan lancar, tertib, aman dan tetap patuh Prokes Covid- 19. (Kin)

Reporter: Solikin.gy
Editorial: Solikin.gy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *