Badan Penggurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ( BPW KKSS ) Provinsi Kalimantan Barat buka puasa bersama Penggurus dan Tokoh Masyarakat

Pontianak, tribuntipikor.com

Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPW-KKSS) Kalbar, menggelar buka puasa bersama penggurus, tokoh masyarakat dan Keluarga besar KKSS, dilaksanakan pada Graha Rumah Adat Bugis Bala Lampoa, Jalan Sungai Raya Dalam,Pada Sabtu (9/4/2022).

Buka bersama tersebut, turut dihadiri, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalbar M.Basri Har, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, DR.Ardiansyah, Anggota DPRD Kubu Raya, Suharso, sejumlah tokoh Adat etnis, tokoh masyarakat,warga KKSS Kalbar serta Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kalbar.

Dikatakan Ketua KKSS Kalbar H.Burhan Ahad, buka puasa ini merupakan program yang dilaksanakan setiap tahunnya , safari Ramadan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, sekaligus berkumpul serta bertukar pikiran untuk membahas program kegiatan KKSS Kalbar kedepan.

“jadi kalau namanya buka bersama, Safari Ramadhan, kemudian halal bihalal itu sudah sejak saya lakukan semenjak di BPD KKSS Kubu Raya,”ucapnya

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan Kegiatan yang sudah menjadi tradisi KKSS Kalbar dibulan Ramadhan momennya juga sangat luar biasa karena seluruh pilar yang ada di KKSS kami undang, kami juga membahas program kegiatan KKSS Kalbar, ” katanya.

H.Burhan berharap dengan adanya momen Ramadhan yang digelar dirumah Adat Bugis Bala Lampoa ini dapat kembali membangun, mempersatukan kebersamaan sesama warga Bugis, Makassar, Mandar,danToraja dan warga lainnya.Kemudian Tak memungkiri KKSS juga berperan dalam melestarikan budaya yang merupakan kearifan lokal dalam pembangunan daerah.

Dimasa Pandemi ini, diharapkan tetap menjadi organisasi yang kuat,Kokoh,serta tetap memberikan kontribusi positif bagi daerah dan masyarakat.

“Mari membangun kebersamaan sesama warga KKSS warga-warga lain.Karena biar bagaimana pun bangunan rumah Adat Bugis Bala Lampoa ini menjadi bermanfaat untuk warga Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja dengan semangat warna baru tetap kita lanjutkan meskipun kemarin 2 tahun mungkin kita agak vakum, dengan acara momen ini mari kita bersama-sama meningkatkan kegiatan yang Barangkali adalah momen yang pas untuk kita saling bahu membahu,”tutupnya

Selain itu, safari Ramadhan KKSS Kalbar akan kembali digelar pada tanggal 15 dan 17 April dengan buka puasa bersama warga di desa Jeruju besar Masjid Al- Wathan ( Pesantren Muinul Islam ) Kecamatan Sungai Kakap kemudian lanjutkan desa Kuala dua Kec. Sui Raya bahkan juga di bulan Syawal puncak acara besar halalbihalal.Kemudian program selanjutnya akan digelar Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) Se- Indonesia di Makassar yang dihadirkan oleh 8 negara.dan dilanjutkan Pertemuan Cendikiawan Bugis Makassar (PCBM) yang ke-2 kemudian tanggal 7,8 Mei kita laksanakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) KKSS Se-Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia Buka Puasa KKSS Kalbar Rita Siswati, mengungkapkan,tahun ini ada dua titik yang akan menggelar buka bersama warga KKSS Kalbar yakni desa Jeruju Besar dan desa Kuala dua,”ucapnya

“Diharapkan kegiatan safari ramadan ini, tetap berjalan lancar, bahkan sesepuh dari tokoh masyarakat bisa hadir hingga akhir acara, untuk lebih mempererat tali silaturahim, kekompakan kita dan tetap menjaga kerukunannya,” tuturnya.

Selain safari Ramadhan Rita juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengadakan acara besar yang ditunggu -tunggu oleh orang Sulawesi Selatan yaitu halalbihalal.

‘insyaallah kami akan Adakan pada Minggu ke empat yaitu Minggu terakhir dibulan Syawal,” jelas rita ( run )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *