Bank Kalbar Ekspos Kinerja Positif Ditorehkan Pada Triwulan III 2021

( Keterangan Photo : Direktur Bank Kalbar, Rokidi, SE, MM Bersama Dir Pemasaran Dan Kadiv Corporate )

Pontianak, tribuntipikor.com

PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat atau Bank Kalbar Kembali menorehkan Kinerja positif di Triwulan III Tahun 2021. Setelah pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi sebanyak 4 kali pada tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid-19 tetapi Bank Kalbar selalu berhasil menorehkan kinerja positif dari tahun 2020 sampai dengan di Triwulan ke III Tahun 2021.

Aset Bank Triwulan III 2021 menjadi Rp 22,1 triliun meningkat 8,9 persen dari tahun 2020 Rp. 20,3 triliun. Sedangkan untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 17,8 triliun meningkat 8,4 persen dari tahun 2020 Rp. 16,4 triliun.

Bank Kalbar berhasil menyalurkan kredit sebesarRp 12,2 triliun, tumbuh 2,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya, Sedangkan laba bersih BUMD ini menjadi Rp. 303,8 miliar. Pencapaian beberapa rasio keuangan Bank Kalbar juga baik. Tingkat kecukupan modal atau CAR pada september 2021 mencapai 30,0 persen, Tahun lalu, CAR Bank Kalbar ,mencapai 25,8 persen.

Sedangkan BOPO Bank Kalbar sebesar 69,6 persen. Manajemen Bank Kalbar juga mampu menjaga tingkat nett interest margin (NIM) pada kisaran di angka 7,0 persen dan rasio LDR 68,7 persen. Tingkat ROA dan ROE Bank Kalbar masing-masing ROA sebesar 2,6 persen sedangkan ROE-nya 14,0 persen.

Sedangkan untuk Non Performance Loan (NPL) gross Bank Kalbar masih sangat bagus masih diangka 2,08 persen Direktur Umum Bank Kalbar Rokidi, S.E., M.M. bersyukur atas pencapaian kinerja sampai dengan September 2021 yang diraih tersebut ditengah masih adanya pandemi Covid-19.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung Bank Kalbar dalam meraih pencapaian tersebut. Terutama kepada nasabah yang telah mempercayakan dananya serta telah memanfaatkan produkproduk Bank Kalbar.

Alhamdulillah, saya ucapkan puji syukur Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, pada semptember 2021 ini kami bisa meraih pencapaian kinerja yang positif. Melalui raihan pencapaian kinerja ini kami mengapresiasi dukungan penuh dari stakeholder, shareholders, dan masyarakat Kalbar yang selalu mendukung dan memberikan kepercayaannya kepada Bank Kalbar selama ini,” ujarnya.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalbar dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar serta Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalbar dan seluruh pemegang saham Bapak Gubernur Kalbar dan Seluruh Bapak dan Ibu Bupati Walikota se-Kalimantan Barat atas binaan dan bimbingan sehingga menorehkan kinerja positif ditengah pandemi ini.

 Pangsa Pasar Menurut Rokidi, peningkatan pangsa pasar kredit menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen Bank Kalbar di tengah persaingan dengan Bank-Bank umum nasional dalam menjaring nasabah.

Dari sisi total aset, Bank Kalbar pada Triwulan III 2021 sudah menguasai 27,2 persen pangsa pasar di Kalbar, sedangkan untuk total Dana Pihak ketiga (DPK), market share Bank Kalbar sudah menembus 23 persen.

Sedangkan Jaringan Kantor Bank Kalbar sampai akhir september sebanyak 1 Kantor Pusat dengan 168 jaringan Kantor baik itu Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu (KCP), Kantor Kas (KK), dan Kas Mobil. Sedangkan jumlah karyawan Bank Kalbar sampai akhir September 2021 sebanyak 1.738 orang.

Bank Kalbar Terus Lakukan Inovasi Untuk menggenjot pertumbuhan bisnis, Bank Kalbar juga terus melakukan inovasi menerapkan layanan berbasis teknologi atau Digital Banking. Saat ini, Bank Kalbar telah bergabung dalam program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), sehingga kartu ATM Bank Kalbar sudah dapat digunakan di mesin-mesin EDC dan ATM/CDM/CRM baik di Indonesia maupun di Negara Tetangga/Malaysia.

“Kami juga memiliki layanan virtual account syariah. Ini diimplementasikan untuk pembayaran ke lembaga-lembaga pendidikan yang akan bekerja sama dengan Unit Usaha Syariah Bank Kalbar,” tuturnya.

Berbagai fitur pembayaran juga dapat dilakukan melalui Mobil Banking Bank Kalbar antara lain untuk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *