Forum Komunikasi Orang Bugis ( FKOB ) Gelar Festival Budaya di Kecamatan Teluk Pakedai

Kubu Raya, tribuntipikor.com

Festival Budaya adat Bugis yang di selengarakan oleh Forum Komunikasi orang Bugis ( FKOB) merupakan event agenda yang kegiatan yang di buat DPP FKOB untuk 4 kecamatan Kabupaten Kubu Raya yaitu Kecamatan Teluk Pakedai , Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Kakap.

Beberapa waktu yang lalu Kegiatan Festival Budaya FKOB 2021 untuk pertama di laksanakan di Kecamatan Teluk Pakedai Desa Telluk Pakedai II , menampilkan berbagai adat budaya bugis seperti kirab budaya, mandre sipulung, Matompang, tarian padupa , tarian mapa dendang ,Kuluner khas bugis, menampilkan Baju Adat Laki dan Perempuan.

Turut hadir juga beberapa tokoh lainnya seperti yang mulia Raja Kubu Sy, Syahril,.S,SOS.Tokoh Madura, Tokoh Jawa, Tokoh Melayu tokoh agama tokoh masyarakat dan lain-lain .

Dr, Ardiansyah, SH.MH,.selaku ketua umum FKOB Mengatakan” Alhamdulillah kita melaksanakan festival budaya bugis pada hari ini di teluk pak kedai, di mana ini merupakan agenda kita.

Hari ini kita saksikan festival budaya bugis , yang di mana ada kue kue Bugis, inilah tujuan kita bagaimana kita melestarikan adat budaya bugis dan ini kita saksikan ada tarian-tarian, dan pencak silat.

Dengan adanya kegiatan ini, kita dapat mempererat tali silaturahmi sesama suku Bugis, maupun silaturahmi di etnis-etnis yang lain. Setelah ini” tanggal 18 di Desa Padang Tikar, tanggal 25 itu di Kuala Dua kemudian terakhir acara puncak nya itu Sui Kakap, ujarnya

Lanjut nya” Inikan dalam rangka melestarikan adat budaya bugis kalau tidak sekarang kapan lagi kita melestarikan adat budaya bugis, nanti anak dan cucu kita bisa lupa dengan adat budaya bugis kalau tidak kita lestarikan dari sekarang.

“Harapan kita dengan adanya festival budaya bugis masyarakat akan tau bahwa banyak sekali adat budaya bugis yang tidak kita ketahui dan bahkan hilang, tujuan kita bagaimana visi dan misi kita mengedepankan adat budaya bugis” ucapnya

Di tempat yang sama Herianto selaku DPRD dari partai PKB dapil teluk pak kedai yang juga turut hadir mengatakan” Pertama-tama alhamdulillah saya bersyukur dan berterima kasih pada tuan rumah bapak Senong yang telah mengundang saya dalam acara ini yang di mana beliau sudah lama merencanakan festival adat budaya bugis ini.

“Saya mengucapkan untuk kegiatan ini sangat luar biasa karena sudah sangat lama sekali seingat saya pada beberapa tahun yang lalu ada acara seperti ini. alhamdulillah” dengan adanya bapak Dr, Ardiansyah membawa suatu perubahan besar untuk melestarikan budaya yang ada di kecamatan teluk pak kedai dan festival budaya di daerah kubu raya” ujarnya

“Kita juga berharap dengan adanya FKOB, Supaya ini tidak membuat perbedaan-perbedaan di antara sesama suku yang ada di kubu raya ini.

Kita tau di kubu raya ini banyak sekali adat budaya, bugis Jawa, Madura dan lain nya dan budaya Tionghoa juga sekarang sudah membudaya, Dan budaya- budaya ini masing-masing mempunyai kelebihan untuk menampilkan budaya, perbedaan budaya, jadi dengan adanya perbedaan budaya, kita menyatukan bukan budaya ini untuk memisahkan”. Pungkas nya ( run )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *