Bupati Kubu Raya H. MUDA MAHENDRAWAN, SH , M.Kn Meluncurkan pakan ikan kemasan Produksi Pokdakan Karya Baru kerjasama dengan BUMDes Jeruju Berkah Desa Jeruju Besar

Kubu Raya, tribuntipikor.com

Bupati Kubu Raya H. MUDA MAHENDRAWAN, SH , M.Kn meluncurkan pakan ikan kemasan produksi Pokdakan Karya Baru kerjasama dengan BUMDes Jeruju Berkah Desa Jeruju Besar, Sungai Kakap, kapasitas pakan ikan di sini 200 kilogram per hari. Diharapkan ini bisa ditingkatkan lagi. Pada hari Rabu tanggal 1 September 2021 , di Desa Jeruju Besar Dusun Karya Utama.

Hadirnya produsen pakan ikan lokal ini dapat membantu pemeliharaan ikan. Selain mendapat pakan lebih mudah, dekat, juga harga lebih murah.
Kita tahu bahwa 80 persen budidaya ikan ini berat berkaitan pakan ikan. Dengan hadirnya produsen lokal di Jeruju Besar ini maka dapat memenuhi kebutuhan daerah ini karena potensi budidaya ikan air tawar sangat besar.

Nurhalijah, SE Kepala Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya mengatakan pihaknya berkomitmen menggali potensi desa dengan memberdayakan masyarakat desa dan berkolaborasi dengan pihak – pihak terkait termasuk dengan Pokdakan Karya Baru.

Peran desa dalam Pokdakan Karya Baru sendiri yakni memberikan pembinaan terkait kelompok pengelolaan pakan, baik secara pengolahan pakan maupun secara pengelolaan manajemen kelompok termasuk ada permodalan melalui BUMDes.

Selanjutnya, adalah pentingnya mengedukasi dan membina masyarakat dalam mengelola kelompok pembudidaya ikan dengan memaksimalkan potensi yang ada.

Ketua Pokdakan Karya Baru, Agus Nukman Hidayat, BUMDes hadir di awal 2021 melalui modal usaha untuk produksi ikan. Selain itu dengan anggaran desa pabrik mini pakan ikan yang terletak di Dusun Karya Utama tersebut mulai sedikit dibenahi.


Produksi kian dimaksimalkan. Kebutuhan pembudidaya mulai bisa terpenuhi. Untuk pasar pakan ikan tidak sulit menurutnya karena pembudidaya ikan di desa nya cukup ramai. Saat ini, tidak ada kendala soal pemasaran. Justru sebaliknya, produksi pakan ikan harus ditingkatkan seiring bertambahnya pembudidaya ikan dan produksi ikan air tawar di daerah itu seperti ikan nila, ikan mas, ikan lele, ikan paten. ( */ run.)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *