TP PKK Kabupaten Ikuti RAKERDA Pendalaman Materi POKJA I

  • Whatsapp

Way Kanan, tribuntipikor.com

Tim Penggerak PKK Kabupaten diwakili Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman didampingi Ketua III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga, Ny. Sri Mulia mengikuti Rapat Kerja Daerah Tim Penggerak PKK Provinisi Lampung Pendalaman Materi POKJA I di Ruang Rapat Utama Pemda Way Kanan, Kamis (03/06/2021).
Bersama para Anggota POKJA I TP PKK Kabupaten Way Kanan, dalam RAKERDA yang diselenggarakan secara virtual itu dipaparkan Materi Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Provinsi Lampung sesuai Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 dengan Ruang Lingkup Program Penghayatan dan Pengamala Pancasila serta Gotong Royong. Dalam Program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila terdapat Pembinaan karakter keluarga melalui pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga, Pembinaan keluarga sadar hukum, Pembinaan kesadaran bela Negara, Pembinaan pencegahan penyalahgunaan Narkoba, Pembinaan pencegahan kekerasan dalam Rumah Tangga, Pembinaan pencegahan perdagangan manusia serta Pembinaan pencegahan kekerasan seksual terhadap anak. Sementara dalam Program Gotong Royong yaitu Menumbuhkan sikap kesetiakawanan sosial, Memberdayakan kelompok lanjut usia, Partisipasi dalam kegiatan bahti sosial di masyarakat serta Berpartisipasi dalam program pembangunan.

Pada POKJA I juga terdapat Program Prioritas yaitu Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) dengan latar belakang, Terjadinya degradasi moral dan integritas terkait dengan toleransi antar individu/masyarakat, semangat cinta tanah air, Meningkatnya angka kekerasan dalam Rumah Tangga dan jumlah kekerasan seksual terhadap anak, Meningkatnya penyalahgunaan NAPZA dikalangan anak dan remaja, Meningkatnya angka perdagangan anak serta Menurunnya nilai gotong royong di individu, keluarga dan masyarakat.
Maksud dari PAAREDI adalah meningkatkan peran keluarga (orang tua) dalam membentuk dan membangun karakter setiap anggota keluarga dengan penerapan pola asuh yang tepat, dengan tujuan mendorong terwujudnya karakter keluarga yang berakhlaq mulia dan bermoral berdasarkan falsafah, Pancasila yang dicirikan dengan watak dan perilaku angngota keluarga yangn beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, bertoleran, bergotong royong dan cinta tanah air.

PAAREDI memiliki Strategi pada Tahun 2020-2024 yaitu Keluarga Indonesia Sejahtera dan Harmonis (KISAH), Keluarga Indonesia Anti Trafficking (KIAT), Keluarga Indonesia Sehat Tanpa Narkoba (KRISNA), Keluarga Indonesia Lindungi Anak dari Kekerasan Seksual (KILAS), Kesadaran Bela Negara (PKBN) dan Keluarga Indonesia sadar Administrasi Kependudukan (KISAK). Untuk tahapan pelaksanaan Program POKJA I yaitu pada Tahun 2021, KISAH, KRISNA dan KISAK, pada Tahun 2022 tahapan yang dilakukan yaitu KISAH, KILAS dan PKBN, dilanjutkan Tahun 2023 dengan KISAH, KIAT dan KRISNA, sedaangkan pada Tahun 2024 dilakukan tahapan KISAH, KRISNA dan PKBN. Sementara, kegiatan POKJA I TP PKK Provinsi Lampung dilakukan Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja pada masa Pandemi, Gerakan SIGER, Kegiatan membeli makanan untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar, Penyusunan Alat Bantu/Media Sosialisasi dan Edukasi PAAREDI dan Pola Asuh Anak dan Remaja Era 4.0.

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Dicy / Dok. Pim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *