Kadis Kominfo, Kurniawan Paparkan Tentang Rencana Kerjasama 21 Media Dengan Pemda Sintang

  • Whatsapp

Sintang, Kalimantan Barat, tribuntipikor.com

Menyikapi Pertemuan 21 Media yang ada di Kabupaten Sintang dengan Pemda Sintang yang dilaksanakan pada jam 09.00 Rabu, 27 Januari 2021, awak media mendatangi Kadis Kominfo Sintang di ruang kantornya untuk meminta kejelasan informasi pertemuan tersebut. (1/2/21).
Kadis Kominfo Sintang Kurniawan, S.Sos., M.Si. menjelaskan, “pertemuan itu adalah persiapan kerjasama Media dengan pemda yang tertuang di dalam APBD, inti dari pertemuan tersebut adalah penjelasan hak dan kewajiban masing masing pihak, bagaimana proses kerjasama terjadi, bagaimana menuangkannya dan apa narasi-narasi yang kami tawarkan kepada media untuk diberitakan dalam kerjasama ini supaya kerjasama antara Pemda dengan Media Massa dapat berjalan dengan baik jelas Kurniawan.


Lanjut Kurniawan, “media itu ada media online, cetak dan elektronik, kami sebagai pelaksana berdasarkan APBD 2021di Dinas Kominfo ada 21 media yang bekerjasama dengan kami, selain itu ada juga di Kantor Bupati di bawa Prokopim, Protokol dan Kordinasi Pimpinan yang juga mengelola kerjasama media,” lanjutnya.


Sebagai Kepala Dinas Kurniawan juga menjelaskan, “jadi pertemuan kemaren itu adalah kita menyatukan persepsi antara Pemda dengan Media bagaimana membangun kerjasama yang baik, media menjadi pembantu Pemda untuk mensosialisasikan, mempublikasikan informasi pembangunan, sedangkan Pemda akan membantu dalam alokasi anggaran, jadi saling menguntungkan lah antara Pemda dengan Media, jelas Kurniawan lagi.
“Pengawasan, kontrol dan juga pembinaan dari Pemda tetap dilakukan kepada media, pembinaan itu misalnya tentang izin, tentang kapasitas SDM, tentang kepatuhannya kepada etika jurnalistik, media terikat pada kode etik jurnalistik yang ada, tegas Kurniawan, S.Sos., M.Si.
Kerjasama Pemda dengan Media tidak terlepas dari APBD Sintang 2021.
Kurniawan menuturkan, “di tempat kami ada 2 Milyar lebih untuk 21 Media, kalau di Kominfo kami tidak ada mengalokasikan anggaran untuk media, anggaran ini kami dapat dari hasil pembahasan dengan DPRD, Anggota Dewan sangat mendukung Media Massa untuk pembangunan, kami bersyukur Anggota DPRD punya komitmen untuk 21 Media di Sintang,” tuturnya.
Jumlah Media yang terdaftar di Kominfo Sintang ada 95 Media namun yang terakomodir untuk bekerjasama dengan Pemda hanya 21 Media.
Mengenai media yang terpilih untuk bekerjasama dengan Pemda melalui Kominfo Sintang, Kadis Kominfo Sintang menjelaskan, “apakah semua media yang sudah terdaftar dengan baik di Kominfo Sintang masih kita cek, mengenai 21 nama perusahaan Media yg muncul untuk melakukan kerjasama tersebut kami dapatkan dari Pemda, bukan kami yang menyeleksi atau memilih 21 media itu, kami hanya melaksanakan apa yg sudah diatur oleh Pemda bersama dengan DPRD sesuai dengan aturan yang ada,” jelas Kurniawan, S.Sos., M.Si.


“Berkas secara administrasi sudah kami siapkan untuk kontrak Pemda dengan 21 Media,” tegas Kadis Kominfo Sintang.
Salah satu Media yang tidak mau disebutkan berinisial “P” menyampaikan, “saya terkejut saat tau ada pertemuan di Kantor Kominfo, kok tiba tiba sudah ada media yang di pilih, bagaimana proses seleksinya.
Di Sintang ada 70 lebih perusahaan Media, apa kelebihan dari 21 Media yang ada pada pertemuan tersebut, sangat kuat kecurigaan saya mereka ada kesepakatan rahasia bagi bagi hasil,” ungkap P.
“Di duga kuat ada satu orang mengelola lebih dari satu perusahaan media bekerja sama dengan pengelola anggaran,” ujar P dengan kesal.
Awak media berusaha menghubungi Ketua DPRD Sintang namun sampai berita ini terbit belum terlaksana. (Edy Rahman).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *