PJ. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Menghadiri Pengajian Akbar Pemerintah Provinsi Lampung Dalam Rangka Halal Bi Halal Gubernur Lampung

Tanggamus, tribuntipikor.com

Dalam Rangka Halal bihalal Gubernur Lampung. Bersama Masyarakat Kabupaten Tanggamus. Di Lapangan Margoyoso Kecamatan Sumberejo. Selasa (7/5/2024).

Hadir Dalam kegiatan Tersebut.Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ustad Asep Kholis Nurjamil, Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, Para Anggota FORKOPIMDA Kabupaten Tanggamus atau yang mewakili, Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Provinsi Lampung yang berkesempatan hadir, Kepala Kementerian Agama dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Lampung atau yang mewakili, Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Para Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Tanggamus, Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus beserta Para Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Tanggamus, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Insan Pers dan Unsur Ormas se-Kabupaten Tanggamus;

PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam sambutan nya, Kami Ucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur Lampung dan rombongan di Kabupaten Tanggamus, tepatnya di Pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo.

Kehadiran Bapak Gubernur disini, selain dalam rangka pengajian akbar dan halal bihalal juga berfungsi mempererat tali silaturahmi antara umaro dan masyarakat sekaligus menjadi pengobat rindu masyarakat Kabupaten Tanggamus kepada Bapak Gubernur Lampung. Harapannya dengan pertemuan ini, akan terbentuk ruang lingkup kepedulian sosial yang senantiasa menjunjung tinggi, ukhuwah yang utuh tanpa ada sekat jabatan, suku, bangsa, dan agama.

Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Lampung dibawah kepemimpinan Bapak Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung, yang telah memberikan perhatian dan melaksanakan pembangunan di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Berdasarkan Data Distribusi dan Lokasi Program/ Kegiatan Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus di Tahun 2024, tercatat sebesar 295,3 Milyar Rupiah yang terdiri dari 230,2 Milyar Rupiah bersumber dana dari APBD Provinsi Lampung dan 65,1 Milyar Rupiah yang bersumber dari DAK, Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan. Anggaran yang dialokasikan tersebut dilaksanakan oleh 30 Perangkat Daerah di Provinsi Lampung antara lain:

Di Bidang Pendidikan, yaitu:
Pada tahun 2023 telah terbangun Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri di Pulau Tabuan Kecamatan Cukuh.

Pada tahun 2023 telah terbangun Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri di Pulau Tabuan Kecamatan Cukuh Balak, dan pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan Rehabilitasi Kelas, Ruang Guru Ruang dan Laboratorium Biologi, Kimia dan Fisika serta Pengadaan Peralatan TIK untuk SMA Muhammadiyah Gisting, SMAN 1 Kelumbayan Barat, SMK PGRI Kota Agung, dan SMKN 1 Talangpadang, SMAN 1 Kota Agung, SMAN 1 Talangpadang, SMAN 1 Kelumbayan Barat, SMK Maarif 1 Semaka, SMK Erlangga Tanggamus, SMK Muhammadiyah 1 Kota Agung, dan SMK Harapan Bangsa Tanggamus, SMKN 1 Cukuh Balak, SMK Harapan Bangsa Tanggamus, SMKN 1 Air Naningan;

Bidang Kesehatan, yaitu:
Pada tahun 2023 telah dilaksanakan peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Batin Mangunang melalui program RSUD Abdul Moeloek sebagai Rumah Sakit Pengampu yang mendukung akreditasi Rumah Sakit Batin Mangunang menjadi Paripurna, serta Puskesmas terakreditasi Paripurna dan 12 12 Puskesmas terakreditasi Utama. Pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan kegiatan:

Pengadaan Obat KIA dan Gizi;
Pengadan Media Promkes dan Informasi Hidup Sehat;
Pengadaan Insektisida DBD;
Pengadaan Buku KIA, Pamflet KB, dan Buku Usila;
Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yaitu:
Pada tahun 2023 telah terbangun ruas jalan Talangpadang-Ngarip, Ngarip-Ulu Semong dan Ulu Semong-Sp. Trimulyo sampai dengan Sp. Sumberjaya sepanjang 90 km;
Sedangkan pada tahun 2024 ini telah dianggarkan untuk pembangunan:
Rehabilitasi Jalan Ruang Kuripan – SP. Kota Agung (Link 047) sepanjang 1 km;
Preservasi Jalan Ruas Talangpadang – Ngarip (Link 056) sepanjang 1,5 km;
Preservasi Jalan Ruas Ngarip – Ulu Semong (Link 057) sepanjang 1,6 km;
Rekonstruksi Jalan Ruas Sukamara – Kuripan (Link 036) sepanjang 0,89 km;
Rekonstruksi Jalan ruas Sp. Kiluan Sp. Umbar (Link 044) sepanjang 1,34 km;
Rekonstruksi Jalan Ruas Umbar 045) sepanjang 1,1 km; Putih Doh (Link
Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Way Ngarip seluas 625 Ha dan DI Way Semangka seluas 700 Ha;
Bidang Kelautan dan Perikanan, yaitu:
Pada tahun 2023 telah dibangun TPI Higienis di Kawasan Pelabuhan Kota Agung. Kedepan kami merespon baik Kabupaten Tanggamus sebagai pusat pengembangan lobster, sedangkan pada tahun 2024 ini akan dilaksakan kegiatan:
Bantuan Premi Asuransi BPJS Ketenagakerjaan Bidang Kelautan dan Perikanan, Penyediaan Prasarana Pembudidayaan Ikan di Laut sebanyak 4 Unit, Pelatihan Pembudidayaan Ikan/CBIB terhadap 30 orang;
Rehabilitasi Kolam atau Bak Pemijahan BBI Kota Agung;
Operasional BPBALP Kota Agung, Hibah Bantuan Benih dan Pakan Ikan sebanyak 1 Paket.

  1. Bidang Pertanian, yaitu:
    Penyediaan Sarana dan Prasarana Pasca Panen, serta Sarana Pengolahan Hortikultura sebanyak 3 Unit, Pengembangan Prasarana Kawasan dan Komoditi Manggis seluas 10 Ha, Pengembangan Prasarana Kawasan dan Komoditi Durian sebanyak 1.500 Bibit;
    Pembangunan/Rehabilitasi Jalan Usaha Tani dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier.
    Promosi Penganekaragaman Konsumsi Pangan Sumber Daya Lokal (Kebun Bibit) Berbasis sebanyak 3 Kelompok;
    Peremajaan Tanaman Kopi Melalui Sambung Pucuk seluas 50 Ha, Demplot Budidaya Kopi dengan Sistem Pagar seluas 5 Ha serta Demplot Uji Coba Budidaya Lada dengan Sistem Organik seluas 1 Ha;

Lanjut PJ Bupati, perkenankan saya mengajak kepada segenap komponen untuk menatap kedepan, bersama-sama membangun hari esok yang lebih baik. Dengan kekompakan, suasana damai dan kondusif, In Syaa Allah segala usaha akan dapat berhasil.

Di depan kita, tersedia banyak kesempatan dan peluang, yang harus kita jemput dan dapatkan. Marilah kita curahkan pikiran, waktu dan tenaga kita untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh masyarakat Provinsi Lampung pada umumnya, dan Kabupaten Tanggamus khususnya yang selama ini telah dirintis dan dibina oleh Gubernur Lampung Bapak Arinal Djunaidi. Tutup PJ Bupati.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kegitaan Halal Bi Halal dan Pengajian Akbar hari ini adalah salah satu kegiatan yang merupakan momentum untuk mempererat tali silaturrahmi bagi kita semua dan juga menjadi wadah peningkatan keimanan dan ketakwaan kita kepada allah SWT, Saya sebagai gubernur lampung selalu mengayomi seluruh kabupaten kota yang ada di provinsi lampung.

Ada satu hal yang saya temukan untuk pengembangan dan peningkatan tarap hidup sodara sodara ku semua yang ada di kabupaten tanggamus yaitu para petani kopi dan lada, kepada masyarat petani tersebut agar bisa masuk dalam kartu petani berjaya, dengan ada nya kartu petani berjaya bisa membantu masyarakat tanggamus mengelola pertanian nya karna kartu petani berjaya itu bisa dapat 50 juta rupiah tampa agunan.

Lanjut gubernur, Untuk pembangunan insprakstuktur yang ada di kabupaten tanggamus apa yang telah di sampaikan PJ bupati tanggamu tadi banyak yang kita bangunkan berupa jalan dan jembatan yang ada di kabupaten tanggamus untuk tahun ini sikitar 66 milyar akan kita berikan kepada kabupaten tanggamus. “Tutup Gubernur.” (Darwin)

Pos terkait