KASI TRANTIB CISALAK ADAKAN PELATIHAN LINMAS DAN SIAGA BENCANA

Subang, tribuntipikor.com

Kasi Trantib Kecamatan Cisalak dalam kesiagaan menghadapi Pemilu Pilpres dan Pileg 2024 serta penanganan bencana alam di wilayah Kecamatan Cisalak, gelar latihan dasar Linmas dan Cisalak Siaga Bencana (Laksana)brtempat di Gor Kecamatan Cisalak. Kamis, (14/12/2023)

Pelatihan Linmas dan Penanganan Bencana sebagai narasumber yang memberikan materi Bripka Ade Hidayat anggota Polsek Cisalak. Gugum Gumilar BPBD Subang bagian Analisis Mitigasi Bencana.
Acara kegiatan pelatihan Linmas dipimpin langsung oleh Kasi Tantrib Kecamatan Cisalak A. Ojang, SE. Dan acara dibuka oleh Camat Cisalak Sumardi, S. STP., M. AP. Peserta Pelatihan anggota Linmas Kecamatan Cisalak sebanyak 27 anggota perwakilan dari masing masing desa yang ada di wilayah Kecamatan Cisalak.

Camat Cisalak Sumardi saat membuka acara berpesan kepada para pesrta pelatihan agar mengikutinya dengan tertib dan sungguh sungguh serta bisa menyerap materi yang diberikan oleh para narasumber sehingga hasilnya bisa diterapkan pada saatnya nanti di lapangan.

Camat Cisalak beserta para kepala desa tahun depan akan menganggarkan untuk seragam Linmas yang baru. Dalam hal ini Camat Cisalak menghimbau kepada seluruh Linmas yang ada di Kecamatan Cisalak bisa bekerja dengan baik membantu dan mempasilitasi kebutuhan warga dalam kegiatan Pemilu dan Penanganan bencana.

Gugum Gumelar BPBD Kabupaten Subang bagian Analisis Mitigasi Bencana memberikan materi. “Ada tiga poin yang dititik beratkan, pertama Limmas harus proaktif dalam penanganan bencana, mengenali ancaman bencana di wilayah masing masing untuk bisa mengurangi resiko bencana. Kedua mitigasinya sebelum bencana datang dan yang ketiga menyangkut persiapan pemilu BPBD dan Linmas juga berperan aktif dalam mengawasi akan keamanan terutama dimana TPS itu berada, harus benar benar aman dari resiko bencana.”Ucap Gugum

Bripka Ade Hidayat dalam pelatihannya dalam menghadapi Pemilu 2024 mengadakan Simulasi keamanan serta membantu warga Bisabilitas di TPS.
Sementara.
Ade Hidayat menghimbau kepada para Linmas jangan terlibat di salah satu kemenangan Partai atau Capres dan Cawapres.

Dalam Penanganan bencana menurut Bripka Ade, Linmas harus berperan aktif bersinergi dengan pihak pihak yang bersangkutan terutama dengan pihak keamanan Kepolisian.

Kasi Trantib Cisalak A. Ojang, SE. Mengatakan ” Dengan diadakan pelatihan ini mudah mudahan semua anggota Linmas yang ada di tiap tiap desa telah siap untuk membantu pengamanan dalam Pemilu tahun 2024 dan kesiap siagaan dalam menghadaoi bencana bila suaktu waktu terjadi di wilayah Kecamatan Cisalak. Mengingat daerah Kecamatan Cisalak wilayah pegunungan yang rawan terjadi tanah longsor.” Pungkas Kasi Trantib Kecamatan Cisalak A. Ojang, SE. Pada media Tribun tipikor. Com

(Oo.S)

Pos terkait