Sebanyak 25 kades terpilih resmi di Lantik Bupati kubu Raya muda mahendrawan

Kubu Raya, tribuntipikor.com

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan melantik 25 kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2023 di ruang Praja Utama aula kantor bupati, Jum’at (17/11/2023)

Dari 25 kades yang dilantik ini terdapat 5 desa baru yang desanya diresmikan pada 17 Agustus 2022 yaitu Kades Rengas Kapuas Kecamatan Sungai Kakap, Kades Parit Keladi Kecamatan Sungai Kakap, Kades Permata Jaya Kecamatan Sungai Raya, Kades Sukulanting Kecamatan Sungai Raya, dan Kades Padi Jaya Kecamatan Kuala Mandor B.

Untuk itu Bupati Muda Mahendrawan meminta 5 kepala desa baru sudah harus membangun dan memperkuat sistem tata kelola keuangan desa.

“Kubu Raya sejak tahun 2019 lalu sudah membangun sistem keuangan desa melalui Cash Management System (CMS) non tunai di 118 desa di Kubu Raya. Tentunya hal inilah harus diperkuat oleh lima kepala desa yang baru ini,” kata bupati

Selain memperkuat taat keuangan desa, Bupati Muda menambahkan, lima kades baru ini juga harus memperkuat tata kelola aset desa dan hal-hal yang berkenaan dengan pelayanan administrasi di desa.

“Termasuk birokrasi desa yang harus ditata dan perkuat. Inilah harapan kita kepada mereka para kepala desa yang desanya baru diresmikan,” kata Muda.

Bupati Muda juga meminta kepada 25 kades yang dilantik ini juga jangan bereuporia berlebihan, namun mulai berfikir bagaimana menata desanya agar menanjak dan bahagia.

Untuk 20 kades yang melanjutkan, bupati Muda meminta agar lebih cermat dalam mengelola keuangan desanya, jangan sampai kendor justru lebih progresif.

“Karena inovasi-inovasi untuk desa di Kubu Raya ini mengukir sejarah. Yang aman pada tahun 2007 kades di Kubu Raya mengukur sejarah memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Kubu Raya. Kemudian pada tahun 2019 mengukir sejarah sebagai pelopor CMS non tunai” ujar Muda.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kubu Raya ini menilai pemimpin selalu berupaya mengejar solusi dan punya perspektif yang lebih luas dalam melihat segala hal.

“Untuk itu kades harus lebih mengedepankan diksi tanggung jawab dan bukan hanya tugas yang sifatnya hanya rutinitas. Saat ini 25 kades terpilih ini sudah diberi tanggung jawab oleh rakyatnya untuk bisa mengawal pembangunan di desanya,” Pungkas, nya(Mansur)

Pos terkait