DESA GARDUSAYANG RECHECKING LOMBA PEMANFAATAN PEKARANGAN SEBAGAI SUMBER GIZI KELUARGA TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT

Subang, tribuntipikor.com

Kehadiran rombongan tim penilai Lomba Pemanfaatan Pekarangan dari Provinsi disambut oleh ketua TP PKK Kabupaten Subang Yoyoh Sopiah Ruhimat beserta penggerak TP PKK Se-Kecamatan Cisalak bertempat di Kp. Gorowong Rw 05 Desa Gardusayang Kecamatan Cisalak Kab. Subang, Senin (05/06/2923)

Rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan dihadiri Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Asda Satu, Anggota DPRD Kabupaten Subang Hendra Purnawan, SE, Kepala Dinas Pemeritahan Desa, Kepala Dinas DP2Kp 5A, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Peternakan, Camat Cisalak beserta Unsur Muspika Kecamatan Cisalak, Para Kepala Dese Se- Kecamatan Cisalak.

Camat Cisalak Sumardi, S. STP., M. AP Dalam pidato sambutanya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada para tamu yang hadir serta mohon maaf atas penerimaan dan sambutannya bila banyak kekurangan.

” Terimakasih kepada tim penilai dan para tamu undangan yang telah hadir di Kampung Gorowong. Mudah mudahan ajang penilaian pemanfaatan lahan pekarangan untuk penambahan gizi bagi keluarga, semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua menjadi virus yang positif disebarkan ke setiap desa semua. Sebetulnya ini salahsatu program pak bupati dari awal yang disebut program Sapapait Samamanis yaitu program Peningkatan Ketahanan Pangan salah satunya adalah memanfaatkan lahan pekarangan. Dan sekarang di Rececking dari Provinsi semoga membawa berkah bagi warga Kecamatan Cisalak.” Ungkap Camat Cisalak

H. Ruhimat Bupati Subang hadir menyambut kedatangan tim penilai dari provinsi ini merupakan aspresiasi terhadap warga Kampung Gorowong Desa Gardusayang, dengan tumbuh kembang kesadaran memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

” Dengan tumbuh kembang kesadaran memenuhi keluarga, minimal butuh sayuran atau cabai yang biasa sehari hari dikonsumsi kalau pekarangan rumahnya dimanfaatkan, gak usah repot repot pergi kewarung. Atau kalau hasil panennya banyak bisa dijual dan dapat menambah penghasilan perekonomian keluarga.

Kepada tim penilai dari provinsi, semoga memberikan nilai yang terbaik bagi desa Gardusayang sehingga Desa Gardusayang menjadi juara dalam Rececking Lomba Pemanfaatan Pekarangan.” Tutur H. Ruhimat dalam pidato sambutannya.

Wakil Ketua Pokja 3 Nanda Kartikasari, SE selaku tim penilai dari provinsi mewakili Ketua TP PKK Provinsi Jawa barat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi bangga kepada seluruh pengurus yang telah membantu terlaksananya Lomba Pemanfaatan Pekarangan

“Karena dengan bekerja keras serta sungguh sungguh mengikuti pelaksanaan lomba pemanfaatan pekarangan memberikan gambaran bahwa tentunya ini memberikan perjuangan demi terwujudnya kesejahteraan keluarga. Dengan tetap semangat walau harus melalui hambatan dan rintangan.

Maksud dan tujuan diselenggarakan lomba pemanfaatan pekarangan ini adalah pertama untuk jangka pendek yaitu selain untuk memenuhi gizi dalam keluarga dan masyarakat, juga meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat, dalam pemanfaatan lahan pekarangan. Mengembangkan sumber gizi dan kegiatan ekonomi produktif keluarga serta menciptakan lingkungan hijau, bersih dengan secara mandiri.

Tujuan kami ke-dua adalah untuk jangka panjang. Yaitu untuk menciptakan kemandirian pangan keluarga diproduksi pangan berbasis sumber daya lokal pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Mengutif harapan pak bupati dan juga harapan kita semua, menumbuh kembangkan, memanfaatkan lahan pekarangan untuk nilai yang lebih baik.
Selain ajang silaturahmi lomba ini juga sebagai momentum kebersamaan kita untuk momentum memperproduksikan kreatifitas dalam pengolahan lahan pekarangan.” Tutup sambutan dari Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat

Tim penilai Provinsi Jawa Barat terdiri dari 5 orang anggota tim penilai.
Sementara lomba pemanfaatan pekarangan dalam pelaksanaannya terbagi dua sesi, yakni sesi pertama wawancara dan sesi ke dua penilaian terhadap lokasi lahan pekarangan.

Persyaratan dari lomba tersebut yaitu tanaman yang harus di tanam langsung ke tanah ( bukan di polybag) Ada lima jenis tanaman sayuran yang wajib ada ditanam yaitu tanaman seperti Sayuran, Jagung, Kacang hijau, Cabai merah, Tomat.
Sementara pekararangan yang tidak bisa ditanami sayuran, diproduktifkan dengan budidaya ikan, yakni jenis Ikan Lele didalam ember.

(Oo.S)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *