Danrem 031 Wira Bima ikut Padamkan Api dilokasi Karhutla yang terjadi wilayah Kota Dumai.

Dumai, tribuntipikor.com

Menerima laporan adanya Karhutla di wilayah Dumai, Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dani Rakca Andalasawan langsung terjun kelokasi kebakaran, dan turut serta ikut membantu memadamkan api, pada Jumat (21/04/2023).

Lokasi karhutla terjadi di Jalan Parit Purba, Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai telah terjadi semenjak hari Selasa (18/04/2023).

Lebih kurang 20 hektar lahan kebun masyarakat hangus terbakar. Lokasi kebakaran tersebut berbatas dengan wilayah Kabupaten Bengkalis.

Kedatangan Danrem 031 Wira Bima disambut oleh Dandim 0320/ Dumai Letkol Hermansyah Tarigan, Walikota Dumai H Paisal, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, unsur Upika Kecamatan Medangkampai, BPBD, Manggala Agni, MPA dan unsur pihak lainnya.

Dandim 0320/ Dumai Hermansyah Tarigan langsung menceritakan kronologis kejadian Karhutla tersebut. Kejadian dimulai pada Selasa lalu, Lokasi kebakaran awalnya terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis. Dalam waktu tidak begitu lama, kebakaran terus meluas hingga membakar puluhan hektar lahan masyarakat.

Menurut keterangan petugas di lapangan, sumber api berasal dari Sambaran petir yang awalnya membakar lahan didaerah Kabupaten Bengkalis. Lalu meluas ke wilayah Dumai. Aparat TNI AD yang dibantu oleh Polres Dumai, Manggala Agni, BPBD, serta perusahaan langsung berjibaku untuk memadamkan api” terang Dandim.

Melihat kondisi kebakaran yang kian meluas, Danrem langsung memberi saran agar dibuatkan embung yang lebih banyak lagi dilokasi Karhutla tersebut, agar ketersediaan air dapat memenuhi kebutuhan untuk memadamkan api.

“Buat embung di lokasi terbakar agar mudah mendapatkan air,” saran Danrem saat memberi arahan.

Kepada Walikota Dumai, Danrem meminta untuk menggandeng pihak terkait dalam menangani karhutla. “Sesegera mungkin berkoordinasi dengan pihak perusahaan dalam menangani Karhutla ini,” ujar Danrem.

Danrem terjun langsung ikut memadamkan api dilokasi Karhutla bersama tim gabungan dan kemudian bergerak untuk meninjau kesejumlah lokasi lahan yang terbakar.( Amir Hamzah S /TIM- A-PPI)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *