Danur Mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kota Bandung, tribuntipikor.com

Hari raya Iedul Fitri tinggal hitungan hari lagi. Alhamdulillah umat yang melaksanakan ibadah puasa kembali ke fitrah, kesucian dan kemenangan.

Sekilas menuju Hari Raya Iedul Fitri akan diulas Kabid Sapras SMP Disdik Kota Bandung, H. Dani Nurahman S.Ap., M.Ap., alias Danur di Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, 19 April 2023.

“Alhamdulillah hari kemenangan Umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa akan segera tiba sebentar lagi,” ungkapnya.

Lanjut Danur menuturkan, Dimana pemerintah melalui Kemenag baru akan menggelar sidang isbat Kamis (20/4/2023) atau bertepatan dengan 29 Ramadhan 1444 H. Keputusan sidang isbat tersebut nantinya akan diambil dari informasi awal berdasarkan hasil hisab atau perhitungan secara astronomis.

“Sementara itu dalam SKB 3 Menteri terbaru, Hari Raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada 22 dan 23 April 2023. Dalam SKB tersebut juga telah ditetapkan cuti bersama Lebaran 2023 mulai 19 April 2023,” jelas Danur.

Sedangkan, pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah mengumumkan kapan Hari Raya Idul Fitri 2023/1 Syawal 1444 H melalui hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H pada Februari lalu. Hasilnya, Muhammadiyah menetapkan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023.

“Pelaksanaan Idul Fitri di Indonesia tidak jarang berbeda antara pemerintah, NU dan Muhammadiyah. Namun, perbedaan menjadi hal yang lumrah karena adanya perbedaan dalam memahami nash (dalil) dan metode pengambilan hukumnya (istinbath),” terangnya.

“Sebelumnya saya ucapkan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin!,” pungkasnya.

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *