Informasi Edukasi Bulan Suci Ramadhan 1444 H Bersama Kabid Sapras SMP Disdik Kota Bandung

Kota Bandung, tribuntipikor.com

Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan istimewa yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia. Pada bulan ini, amal dan ibadah umat Islam akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Ngobrol santai informatif dan edukatif bersama Kabid Sapras SMP Disdik Kota Bandung, H. Dani Nurrahman S.Ap., M.Ap., yang akrab dipanggil Danur, terkait datangnya bulan suci Ramadhan 1444 kalender Hijriyah atau di tahun 2023 kalender Masehi.

“Di bulan Ramadan ini, umat Islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Selain itu, beberapa ibadah sunnah yang dianjurkan adalah salat tarawih, salat witir, membaca Alquran, dan masih amal saleh lainnya. Ada banyak sekali keutamaan yang didapatkan bila mengerjakan beberapa ibadah,” ucap Dani di ruang kerja, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Senin, (20/3).

“Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa tahun ini lebih khusu, lebih baik dan lebih sempurna lagi pada semua orang yang menjalankannya,” tambahnya.

Lanjut Danur, kita bisa mengambil nilai kebaikan bulan suci Ramadhan. Puasa bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Puasa merupakan ibadah individual sekaligus sosial yang bertujuan untuk membentuk sikap, karakter manusia yang lebih baik.

“Puasa latihan sifat, sikap untuk terbiasa menjadi karakter yang baik pada sesama dan Maha Pencipta. Penuh nilai sosial dan solidaritas serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT,” tuturnya.

Dan untuk mengetahui kapan awal puasa Ramadan 2023, masyarakat bisa menunggu hasil sidang isbat Kemenag.

“Melalui sidang isbat tersebut, umat Islam di Indonesia akan mengetahui, kapan puasa Ramadan 2023 dimulai,” ujar Danur.

“Kemenag akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1444 H pada Rabu, 22 Maret 2023, dan selamat menyambut Bulan Suci Ramadhan,” ucapnya.

Red.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *