LEMBAGA KOMUNIKASI KEMITRAAN TERRITORIAL (KKT)
MEMBERIKAN APRESIASI TERHADAP PEMERINTAHAN
KABUPATEN KUBU RAYA
DENGAN JAMINAN GERATIS UNTUK BEROBAT KHUSUSNYA MASYARAKAT KUBU RAYA

Kubu Raya, tribuntipikor.com

Lembaga Komunikasi Kemitraan Territrorial ( KKT ) memberikan Apresiasi terhadap Bapak Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, SH yang dimana sangat peduli akan kesehatan Masyarakat yang ada di wilayah kabupaten kubu raya Khususnya. . Rabu (15-03-2023).

“ Dikutip dari media dinkes.kuburayakab.go.id- Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan pelayanan kesehatan gratis mulai dari rumah sakit, puskesmas hingga sampai ke jejaringnya (pustu, polindes, poskesdes dan poslansia) melalui Program Sehat Bahagiakan Rakyat Kubu Raya (Sebaya).
” Program Sebaya ini dilakukan sebagai upaya memberikan kemudahan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk penerapannya sudah dilakukan sejak 2 Januari 2023, yang mana untuk mendapatkan layanan gratis ini masyarakat Kubu Raya cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga bagi warga yang tidak terdaftar BPJS kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan, S.PD M.KES.
“ Kadinkes Kubu Raya Marijan, S.PD M.KES. menjelaskan, program Sebaya ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu (menengah ke bawah) yang tidak terdaftar di BPJS Kesehatan. Dengan program Sebaya ini masyarakat tidak mampu di jamin kesehatannya oleh Pemkab Kubu Raya yang berobat di RSUD Kubu Raya, Puskesmas dan jejaringnya.
“ Sampai saat ini hampir 78,64 persen masyarakat Kubu Raya sudah memiliki jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan dan 21,36 persen belum memiliki jaminan kesehatan, yang 21,36 persen inilah yang ditanggung dan dijamin kesehatannya oleh Pemkab Kubu Raya melalui program Sebaya ini.
“ Program Sebaya ini menanggung semua penyakit yang diderita masyarakat Kubu Raya selama rumah sakit dan puskesmas mampu menanganinya. Karena terdapat lebih dari 40 penyakit yang tidak seharusnya dirujuk dari puskesmas.
” Selama bisa dilayani di puskesmas atau rumah sakit Kubu Raya, Insya Allah pelayanannya gratis. Jika harus dirujuk, ke rumah sakit lainnya, maka Pemkab Kubu Raya menyiapkan proposal tak terduga.
“ Sebelum pasien itu dirujuk, maka Dinas Kesehatan menginstruksikan kepada seluruh pelayanan kesehatan untuk memperkuat preventif (pencegahan), upaya penyembuhan (kuratif) dan promosi kesehatan (promotif) sehingga pasien itu tidak harus dilarikan ke rumah sakit lanjutan.
“Program Sebaya ini juga untuk menunjang program lainnya yang ada di Kubu Raya dalam mendukung program prioritas Nasional seperti, angka kematian ibu/bayi (AKI/AKB), Stunting, gizi buruk, penyakit menular dan tidak menular,” ucap Kadinkes Kubu Raya Marijan, S.PD M.KES.

“ Ketua Umum Lembaga Komunikasi Kemitraan Territrorial ( KKT ) Tengku Apreandy, SE, disaat ditemui di Kantor Sekretariat nya di sungai raya mengatakan, Kalau berbicara kesehatan memang sangat kesulitan masalah biaya bagi masyarakat kita yang benar benar kurang mampu, Apa lagi harus sampai dioperasi yang harus mengeluarkan biaya yang sangat besar sekali sedangkan kita semua mengetahui saudarakita kebanyakan yang bekerja sebagai Buruh harian Lepas.

“ Adanya Program Sehat Bahagiakan Rakyat Kubu Raya (Sebaya) Ketua Umum Lembaga Komunikasi Kemitraan Territrorial ( KKT ) Tengku Apreandy, SE memberikan Apresiasi yang setinggi tinggi nya terhadap Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya.
“ Sangat banyak sekali Saudara kita yang kurang mampu itu sakit, namun tidak dapat tertolong dikarenakan berbenturan Biaya Rumah sakit, Adanya Program ini sangat membantu Saudara kita yang benar benar tidak mampu untuk bisa berobat di Rumah sakit Kubu raya, Sehinggah Pihak keluarga beliau juga tidak banyak berpikir akan biaya perawatan di rumah sakit keluarganya.
“ Harapan saya untuk kedepan nya Khusus nya Dinkes Kubu raya bisa bekerja sama dengan Para Puskesmas dan juga Para Bidan yang ada di wilayah masing masing guna mensosialisasikan akan Program Sehat Bahagiakan Rakyat Kubu Raya (Sebaya) dari Bapak Bupati kubu raya untuk berobat itu GERATIS, Supaya tidak ada lagi Masyarakat kita yang sakit dan tidak bisa berobat dikarenakan benturan biaya Rumah sakit.
“ Begitu juga tentang Kartu BPJS, Masih ada pelayanan Kesehatan yang meminta Kartu atau Nomor BPJS nya kepada Pasien yang sakit, Ini juga harus disampaikan betel betul, Sebagaimana kita semua ketahui Mulai Akhir tahun kemarin Kantor BPJS tidak mengeluarkan Kartu BPJS nya lagi, Semua nya sudah terdaftar di KTP masing masing. Ungkap Ketum KKT Tengku Apreandy, SE. “ (mansur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *