HASIL DISKUSI BERSAMA, BANK BJB CISALAK CABANG SUBANG PERPANJANG SEWA GEDUNG MILIK KANTOR KECAMATAN CISALAK SAMPAI BULAN JUNI 2023

Subang, tribuntipikor.com

Berkenaan dengan informasi tentang bank Bjb akan pindah keluar dari kantor kecamatan Cisalak yakni ke wilayah kecamatan Tanjungsiang.
Bank Bjb akan pindah atas dasar Surat R Iwan Masna tanggal 21 Juni 2022 Perihal Permohonan kepada Pemda Kabupaten Subang untuk mengkaji dan mengevaluasi perpanjangan kontrak Bank Bjb di gedung dan lahan Kecamatan Cisalak.

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Kecamatan Cisalak gelar rapat koordinasi dan diskusi bersama Pemimpin Bank Bjb Cabang Subang – Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BKAD Kabupaten Subang – Kepala Desa se- Kecamatan Cisalak – Pengurus PGRI Kecamatan Cisalak dan Saudara R Iwan Masna. Bertempat di Kantor Kecamatan Cisalak Senin, 09/01/2023

Camat Andri Darmawan, S.STP.,MM. Selaku pemimpin rapat sebelumnya membacakan Surat Bupati Subang Nomer PM04.01/3038/BKAD Tanggal 26 Oktober 2022 perihal Persetujuan Pemakaian Kekayaan Daerah Pemerintahan Kabupaten Subang.

Surat Izin Sekertaris Daerah tentang Pemakaian Kekayaan Daerah Tanah yang Dikuasai Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Tanggal 21 Desember 2022.

Surat Saudara R Iwan Masna tanggal 21 Juni 2022 Perihal Permohonan Pemda Kabupaten Subang untuk mengkaji dan mengevaluasi perpanjangan kontrak Bank Bjb di gedung dan lahan Kecamatan Cisalak.

Surat Pengurus PGRI Kecamatan Cisalak tanggal 4 Januari 2023 perihal Pemberitahuan.

Andri Darmawan Camat Cisalak setelahnya mengkaji surat di atas dan setelahnya menerima masukan dari Pengurus PGRI dan seluruh Kepala Desa melalui Apdesi, serta dukungan dari PWRI Cisalak dan LLI Lembaga Lanjut Usia menyatakan penolakan terhadap Bank Bjb pindah dari Kecamatan Cisalak, dan mendukung sepenuhnya Bank Bjb tetap berada di kantor kecamatan Cisalak.

Ketua PGRI Cabang Cisalak Ajis, S.Pd.,MM. menegaskan dengan membacakan surat pernyataan sikap dari PGRI Cisalak yang isinya menolak pindah dan mendukung BJB tetap ada di wilayah kantor kecamatan Cisalak.
Karena menurut pengurus PGRI, bank Bjb sangat dibutuhkan yang tidak terlepaskan dengan kepentingan PNS.

Dukungan ini juga, Kepala Desa Cupunagara sebagai juru bicara perwakilan dari para kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Cisalak menyatakan bahwa BJB tetap harus berada di Cisalak, akan tetapi pelayanannya minta ditingkatkan.

Keberadaan kantor BJB Cisalak Cabang Subang, memakai gedung dan lahan milik Kantor Kecamatan Cisalak.
Sebelumnya Iwan Masna selaku warga Cisalak mengemukakan ingin memiliki kantor kecamatan yang representatif dan megah seperti kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Subang, tidak seperti sekarang ini muka kantor Kecamatan ada di mana, terhalang oleh Bank Bjb. Selain itu juga kontrak gedung yang menjadi Aset Pemda cukup minim nilai nominalnya.

Dalam forum diskusi Iwan Masna mengatakan “Saya sudah mengatakan kepada Pak Camat, dalam isi surat yang di sampaikan kepada Bupati Subang tidak ada bermaksud untuk mengusir keberadaan Bank Bjb dari kecamatan Cisalak atau dari kantor Kecamatan Cisalak.
Intinya surat tersebut untuk pemberdayaan dan penguatan, berdaya untuk kecamatan pemberdayaan buat BJB, penguatan untuk kecamatan.
Satu poin yang saya sampaikan dan dianggap oleh saya berhasil mengkritisi pemerintah melalui surat tersebut adalah terbuktinya Pemda Subang bisa menaikan pendapatan Aset dengan menaikan harga sewa gedung yang dipakai kantor BJB di Cisalak, yang semula sewa gedung kontrak pertahun hanya senilai Rp 10 Jt menjadi Rp 23 juta per enam bulan atau 56 juta/ Tahun. Ini merupakan kenaikan yang luar biasa dari tahun tahun sebelumnya. Semua pihak, mau suka tidak suka menerima atau tidak silahkan tergantung penilaian masing masing terhadap kinerja yang sudah saya lakukan.” Ungkap Iwan Masna dalam forum diskusi.

Yang dikritisi Iwan Masna terkait gedung kantor BJB berada di muka kantor Kecamatan Cisalak sehingga tidak nyaman di pandang orang karena menghalangi Kantor Kecamatan.
Camat Andri dalam forum diskusi menyampaikan bahwa tahun depan akan menganggarkan senilai Rp 1,5 Milyar untuk perombakan pembangunan kantor kecamatan yang nantinya keberadaan kantor BJB tidak terpisah menjadi satu atap dengan kantor kecamatan dan pelayanan pelayanan yang lain, diantaranya kantor Samsat yang melayani perpanjangan STNK kendaraan.

Pimpinan cabang Subang bank Bjb saat diwawancara oleh media di luar rapat mengatakan, bahwa” Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama peserta diskusi yang telah menghasilkan suara mufakat tentang keberadaan Bank Bjb pelayanannya masih bisa dilaksanakan tetap di Cisalak. Dan kami telah perpanjang kontrak enam bulan kedepan sampai bulan Juni dengan sewa gedung mengikuti regulasi yang sedang berjalan.” Imbuhnya pada media Tribun tipikor.com

Kepala Bidang Aset Badan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Subang Charles Jayadi kepada media, ” Kami dari Pemerintah akan mengikuti permohonan yang disampaikan, harapan kedepan bank Bjb bisa diterima oleh semua masyarakat karena bank Bjb tidak terlepas dari setiap program pemerintah yang disalurkan lewat bank Bjb Cabang Subang.” Pungkas Charles Jayadi.

(Oo.S)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *