Kanwil DJBC Riau dan Bea Cukai Dumai Musnahkan Barang Tegahan

DUMAI, tribuntipikor.com

Kanwil DJBC Riau dan Bea Cukai (BC) Dumai musnahkan barang tangkapan. Pemusnahan yang dilakukan di Lapangan Gudang TPP Bea Cukai Dumai itu dihadiri Kapolres Dumai, Kajari Dumai, Dandim dan beberapa kepala Dinas terkait. Selasa, (06/12/2022).

Pemusnahan barang milik negara ini telah disetujui oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara, serta dari instansi terkait lainnya.

Beberapa barang milik negara yang dimusnahkan tersebut diantaranya:

– Rokok berbagai merk sebanyak lebih kurang 5,8 jt batang. Rokok tersebut merupakan hasil penindakan dari Kanwil DJBC Riau pada tahun 2021 dengan total kerugian Rp. 3.455.686.082.

– Rokok merk Luffman Merah dan Silver sebanyak lebih kurang 1 jt batang. Rokok ini merupakan hasil tangkapan BC Dumai pada tahun 2022 dengan total kerugian negara sebesar Rp. 801.785.000.

Dijelaskan, pelanggaran yang ditemui sebagian besar dari penegahan barang kena cukai hasil tembakau dari operasi pasar, pengiriman melalui perusahaan jasa titipan (PJT) dan bus antar provinsi.

Kegiatan pemusnahan barang tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjalankan fungsi yang diemban BC Dumai sebagai Community Protector.

Yaitu berkewajiban untuk melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat maupun lingkungan.

Pemusnahan ini juga merupakan efek jera bagi pelaku pelanggaran dan merupakan upaya penegakan hukum untuk melindungi negara dan masyarakat, serta kalangan industri dari masuk dan beredarnya barang ilegal.(amir hamzah,s)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *