Lp-kpk sukses gelar rakernas ke-v dan pelantikan pengurus cabang dan komda

KALBAR, PONTIANAK, tribuntipikor.com

Pelantikan Komisi Cabang Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) se-Kalbar resmi dilantik di Gedung Hotel Garuda Pontianak oleh Amiril S. Piola,SH Ketua Umum (Ketum) Komnas LP-KPK Pusat yang didampingi Dr. Sukahar, SH.,MH Ketua Komda LP-KPK Kalbar.

Usai pelantikan Ketum Komnas LP-KPK melakukan penyerahan SK dan bendera Petaka LP-KPK kepada 7 Komcab, diantaranya Komcab LP-KPK, Komcab Kubu Raya, Sambas, Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Ketapang, dan Sanggau.

Selain itu prosesi acara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada Komcab yang telah hadir mengikuti Rakernas ke V LP-KPK dan Peltidas yang di selenggarakan, pada Senin 28 November 2022.

Dalam sambutannya, Amiril mengatakan, dirinya meminta kepada Komcab LP-KPK yang telah dilantik agar dapat menjalankan tugas lebih profesional dan sekaligus memberikan perbekalan pelatihan tingkat dasar system administrasi LP-KPK dalam hal membuat laporan tentang tata cara pelaporan tindak pidana korupsi kepada penegak hukum terkait peristiwa dugaan terjadinya tindak pidana korupsi di wilayah hukum Republik Indonesia di wilayah tugas Komda, Komcab LP-KPK di seluruh indonesia. Dan dalam menjalankan tugas sosial kontrol pengawasan terhadap penyelenggara negara agar mengacu pada SOP yang berlaku di LP-KPK dengan landasan hukum UU. Tipikor.

“Ini sesuai dengan motto kita di LP-KPK. “Mengungkap Fakta Dibalik Data,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Daerah LP-KPK Kalimantan Barat, Sukahar menambahkan, kepada Komcab LP-KPK se-Kalbar dimintanya agar lebih pro aktif membantu aparat penegak hukum untuk mendukung memberantas KKN dalam hal melakukan pengawasan terhadap penyelenggara negara agar dalam menjalankan tugas tidak melakukan tindak pidana korupsi.

“Kepada Komda, Komcab seluruh indonesia yang telah hadir di Pontianak, Kalimantan Barat di Bumi Khatulistiwa ini yang telah menghadiri rakernas ke V saya ucapkan terimakasih atas kehadirannya,’ tuturnya.

Acara rakernas LP-KPK ke V tersebut juga dilakukan pemahaman terhadap Peltidas tentang pemahaman KKN dan cara penanganannya oleh pihak Polda Kalbar sebagai narasumber, serta tupoksi dari LP-LPK itu sendiri yang dipaparkan oleh Ketum LP-KPK Pusat, Amiril selaku nara sumber.

Turut hadir diacara tersebut Gubernur Kalimantan Barat H.Sutarmiji,SH.M.hum yang di wakili Drs.Herman, Msi Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Danrem 121 Alambanaway, Brigjen Pribadi Jatmiko yang diwakili Kolonel Inf. Abdul Hamid Kodam 12 Tanjung Pura, Kapolda Kalimantan Barat Irjen. Pol. Drs. Suryapodo Asmoro yang diwakili Kompol. Agus Dit Tipikor Polda Kalbar dan unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat.

(Ms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *