Mantap!  Inovasi tiada henti Disdukcapil kota Bandung canangkan program Kisanak dan luncurkankan inovasi Lantatur Lumpat

Kota Bandung, tribuntipikor.com

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kota Bandung kembali meluncurkan Inovasi terbaru nya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Kali ini tidak tanggung – tanggung, Disdukcapil mencanangkan program KISANAK ( KIA Kerjasama dengan Sekolah Anak ) dan meluncurkan inovasi Drive Thru ( layanan tanpa turun – Lantatur) , yang di beri nama LANTATUR LUMPAT ( Layanan Tanpa Turun – Layanan untuk pengambilan cepat ).

LANTATUR LUMPAT ini diresmikan oleh Dirjen Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kemendagri , Prof. Dr Zudan Arif Fakhrulloh, SH, M.M. bersama dengan Walikota Bandung , Yana Mulyana dan Ketua DPRD Kota Bandung , Tedy Rusmawan, di dampingi pula oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, H.Tatang Muhtar , S.Sos,M.Si,; Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Drs. Hikmat Ginanjar, MSi.

Sesuai dengan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak , sejak akhir tahun 2016. hingga saat ini , Disdukcapil Kota Bandung terus gencar melaksanakan sosialisasi dan pelayanan Kartu Identitas Anak bagi Penduduk Kota Bandung. Pelayanan KIA pun berkembang pesat melalui kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak, seperti Lembaga Pendidikan, Lembaga Kesehatan, Lembaga Perbankan Dan sebagainya.

Selain itu, Disdukcapil Kota Bandung memfasilitasi pelayanan KIA dengan berbagai cara, seperti pengadaan Mepeling ( Memberikan Pelayanan Keliling ) KIA ke Sekolah – sekolah dan Lembaga terkait, layanan di Geulis (Gerai Untuk layanan Istimewa) , pengadaan mesin anjungan KIA yang berada di Geulis BTC , Layanan Program three in one (3 in 1) dengan Lembaga Kesehatan seperti Rumah Sakit dan IBI ( Ikatan Bidan Indonesia ), hingga pelayanan KIA secara online melalui Aplikasi Salaman.

Pada kesempatan ini, Disdukcapil Kembali mencanangkan program KISANAK ( KIA Kerjasama Dengan Sekolah Anak ) dengan tujuan agar semua peserta didik – anak yang berusia 0-17 tahun kurang satu hari, yang berdomisili di Kota Bandung dapat memiliki KIA sebagai Identitas kependudukan mereka.

Guna memudahkan akses layanan kepada masyarakat, Disdukcapil Kota Bandung juga meluncurkan inovasi terbaru , yakni LANTATUR LUMPAT. LANTATUR LUMPAT ini merupakan salah satu bentuk pelayanan tanpa turun ( Drive Thru ) yang memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk mengambil Dokumen kependudukan seperti KTP -el, KIA, dan SKTS.

LANTATUR LUMPAT yang berada di samping Kantor Disdukcapil Kota Bandung, ini buka dari Senin – Jum’at , Mulai pukul 08.00- 15.00 WIB .
Namun sebelum mengambil Dokumen LANTATUR LUMPAT, masyarakat harus mengakses aplikasi Salaman dan memilih jasa layanan terlebih dahulu, sehingga setiap masyarakat yang hadir telah memiliki jadwal tertentu sesuai dengan notifikasi yang di dapat dari aplikasi.

Disdukcapil Kota Bandung selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik yang dapat membahagiakan masyarakat. Dengan adanya berbagai inovasi ini, di harapkan masyarakat Kota Bandung mendapat kemudahan dalam mengakses layanan Dokumen Adminduk dan cakupan kepemilikan Dokumen Adminduk dapat terpenuhi secara bertahap dan berkesinambungan.Tutup(INDRA JAYA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *