10 Visi Misi Cakades Srikandi Nanik Haniva Tekad Majukan Desa Sumuragung

Bojonegoro Jatim, tribuntipikor.com

Gelaran pesta Rakyat ala Desa sudah mulai di tabuh genderangnya sejak awal 13 Oktober 2022. Di mulainya masa kampanye Calon Kepala Desa (Cakades) sejak 18 Oktober hingga 20 Oktober 2022. Ada 33 desa serentak yang tersebar di 21 Kecamatan se – Bojonegoro Jawa Timur, yang mengikuti gelaran pesta Rakyat atau biasa di sebut Pilkades.

Salah satunya adalah desa Sumuragung kecamatan Sumberrejo, yang mana ada 4 kandidat Calon Kepala Desa yang mengadu ke beruntungan untuk mengikuti perhelatan tersebut, pantauan awak media, salah satu kandidat kuat yang satu – satunya Srikandi desa Sumuragung yaitu, Nanik Haniva dengan nomor urut 01 menjadi favorit bagi warga desa sumuragung yang tersebar di 23 Rt tersebut.

Rata – rata mereka tertarik oleh dan selain mempunyai jiwa kepemimpinan yang bijak dan kuat ia juga mempunyai Visi dan misi yang memihak pada kepentingan serta kesejahteraan Rakyat. Terbukti waktu penyampain Visi dan misi serta kampanye di balai desa Sumuragung yang digelar oleh penitia Pilkades, semua pendukung dan simpatisan serta warga yang turut hadir terkesima dan terkagum kagum atas pidato yang tegas dan sigap keberaniannya dalam berorasi.

Calon dengan nomor urut 01 ini mempunyai Visi mewujudkan Masyarakat Desa Sumuragung yang Mandiri, tangguh dan produktif. (MANTAP).

Sedangkan Misinya untuk maju menjadi calon kepala Desa Sumuragung adalah :

  1. Memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat yang meliputi :
    A. Pemberdayaan sumber daya manusia (SDM).
    B. Pemberdayaan sumber daya alam (SDM).
  2. Menciptakan kondisi masyarakat Desa Sumuragung yang ; Aman , Tertib , Guyub dan rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpegang pada prinsip – prinsip yaitu ; duduk sama rendah , berdiri sama tinggi Ringan sama di jinjing berat sama di pikul , dan sepi ing pamrih rame ing gawe , lan nerimo ing pandum.
  3. Optimalisasi pemerintahan Desa Sumuragung , meliputi;.
    A. Penyelenggaraan pemerintahan Desa yang transparan dan akuntabel.
    B . Pelayanan masyarakat yang prima yaitu; Cepat dan Tepat dengan melakukan pelayanan Adminduk antar -,Jemput pada masyarakat.
    C. Pelaksanaan pembangunan pemerataan yang berkesinambungan dan mengedepankan partisipasi dan gotong – royong masyarakat dengan mengedepankan musyawarah tingkat RT, ” majune deso gumantung wargo guyub rukun makaryo sapodo-podo”.
  4. Prioritaskan sarana olah raga , meliputi lapangan bola dan lainnya.
  5. Mengoptimalkan pertanian sebagai lumbung pangan dengan menata irigasi pengairan dan membangun sarana irigasi serta memberikan kemudahan akses pupuk dan benih.
  6. Menghidupkan marwah BUMDES sebagai penopang pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan menata UKM dan UMKM di tingkat Desa .
  7. Mendukung pendidikan dan kegiatan Agama Islam.
  8. Mempercepat kepemilikan hak tanah dengan program sertifikat PTSL.
  9. Prioritaskan pembangunan rumah layak huni dan MCK bagi warga miskin.
  10. Pelayanan kesehatan warga dengan menyediakan mobil siaga.

Kandidat Calon Kepala Desa Srikandi Nanik Haniva juga mempunyai jargon yang kuat yaitu; mbangun deso nganggo rogo, mbangun deso nggawe roso.

Setelah menyampaikan orasi Visi dan Misi Cakades tersebut mengajak bernyanyi bersama yang membuat suasana Balai Desa Sumuragung semakin sejuk semarak dan damai. Sebelum menuruni podium, Nanik Haniva mengajak seluruh Warga untuk meneriakkan yel – yelnya dan meminta pada tanggal 26 bulan Oktoner nanti jangan lupa pilih dan Coblos nomor Satu…, Coblos nomor Satu… Coblos nomor Satu. Semangatnya. (Kin)

Reporter: Solikin.gy
Editorial: Solikin.gy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *