KPU Selayar Gelar Rapat Kordinasi Persiapan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politik

Selayar, tribuntipikor.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024, di Warkop Tanadoang Benteng, Sabtu (15/10/2022).

Komisioner KPU Selayar Divisi Teknis Andi Dewantara mengatakan pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024 akan berlangsung selama 21 hari, terhitung mulai tanggal 15 Oktober sampai 4 November 2022.

“Partai politik yang akan diverifikasi faktual meliputi parpol peserta pemilu 2019 yakni parpol yang tidak memiliki kursi di DPR RI, dan parpol non peserta pemilu 2019 yakni parpol baru yang telah lolos verifikasi administrasi,” kata Andi Dewantara.

Andi Dewantara menyampaikan KPU RI telah mengumumkan hasil verfikasi administrasi parpol calon peserta Pemilu 2024. Sebanyak 18 parpol dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

“Ada 18 parpol lolos verifikasi administrasi berdasarkan pengumuman KPU RI, untuk Selayar ada 15 parpol, 9 parpol di parlemen dan tambahan 6 parpol baru non parlemen yang akan diverfak,” ujarnya.

Enam parpol baru yang akan diverfak oleh KPU Selayer menurut Andi Dewantara, diantaranya Partai Hanura, Partai Ummat, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Gelora dan Partai Garuda.

“KPU Selayar akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol, melakukan verifikasi domisili kantor tetap, dan mekanisme lain yang telah kita bahas hari ini bersama perwakilan parpol calon peserta pemilu 2024,” ucapnya.

Terpantau, pelaksanaan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024 oleh KPU Selayar dihadiri Ketua Bawaslu Selayar, sejumlah stakeholder dan perwakilan partai politik. ( Ucok Haidir )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *