Polri Peduli Hutan,Polres Garut Tanam 10.000 Pohon

Garut, tribuntipikor.com

Kepolisian Resor Garut atau Polres Garut melaksanakan penanaman 10.000 pohon dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 diwilayah hukum Polsek Cikelet Polres Garut.

Kegiatan penanaman 10.000 pohon disamping untuk menyambut hari Kemerdekaan RI ke-77, juga dalam rangka pelaksanaan program “Polri Peduli Hutan” yang tujuan utamanya menciptakan hutan baru yang dalam jangka panjang dapat bermanfaat buat masyarakat, menghindari bencana banjir dikala musim hujan dan menghindari kekeringan dikala kemarau.

Tempat kegiatan penanaman pohon berada diwilayah Puncak Malaya Desa Girimukti, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang dilaksanakan pada hari Kamis 11 Agustus 2022 dimulai sekitar pukul 10 pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si. bersama Waka Polres Garut, Kabag ops Polres Garut, Kasat Samapta Polres Garut, Kasat Lantas Polres Garut, KBO Intelkam Polres Garut, Kasi Provam Polres Garut, Kasat Polair Polres Garut, ADM Polhut Kab. Garut, Forkopimcam, Upt se Kecamatan Cikelet, Kepala Desa se Kecamatan Cikelet, Ormas GMBI, Ormas PP, Ormas Grib, Tokoh Desa Girimukti, Ormas Almagari, dan Dirut PT. Condong.

Kapolres Garut dalam sambutanya menyampaikan “Hutan dulu melindungi para pejuang kita, sekarang giliran kita untuk melindungi hutan kita, kalau misalnya tidak ada yang peduli terhadap hutan kita siapa lagi? Hutan kita saat ini menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat kita.”

“Perlu saya sampaikan kepada bapak ibu sekalian, beberapa waktu lalu telah terjadi banjir bandang di wilayah perkotaan dan juga diwilayah kabupaten Garut lainya dimana ada sekitar 132 titik bencana, baik itu bencana banjir bandang, tanah longsor bahkan jembatan putus dibeberapa titik. Dan kemudian setelah dilakukan analisa ternyata salah satu penyebabnya adalah beralihnya fungsi hutan, adanya penggundulan hutan dan termasuk adanya alih fungsi lahan yang seharusnya perhutanan menjadi perkebunan” kata Kapolres.

Kapolsek Cikelet Iptu Usep Heryaman selaku tuan rumah menyampaikan ucapan “ terima kasih kepada Kapolres Garut atas kunjungan dan kepeduliannya terhadap lingkungan hutan, yang diharapkan hutan tersebut dapat mencegah terjadinya erosi, mencegah banjir, mencegah longsor dan mencegah kekeringan, intinya dapat bermanfaat buat masyarakat dan anak cucu kita kelak”. ujar Kapolsek.(INDRA JAYA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *