Polres Kep, Selayar, Gelar TKJ Berkala, Untuk Pastikan Personil Sehat

Selayar, tribuntipikor.com

Kesehatan dan kemampuan fisik aparat kepolisian menjadi dasar penting dalam melakukan tugas pokok Polri,dalam rangka mengukur tingkat kemampuan fisik dan kesehatan jasmani personel, Polres Kepulauan Selayar melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) berkala bertempat di Lapangan Pemuda Benteng Kep. Selayar,Selasa (15/3/2022).

PelaksanaanTKJ berkala semester I 2022 wajib diikuti oleh seluruh personil baik Polri maupun ASN Polres Kepulauan Selayar,
Kompol Nur Alam,SH selaku Kabag SDM Polres Kep.Selayar menyampaikan tes kesamaptaan jasmani merupakan program Biro SDM Polda Sulsel yang dilaksanakan setiap semester atau enam bulan sekali untuk mengukur tingkat kemampuan kesamaptaan jasmani setiap anggota Polres Kep.Selayar,ucapnya

Sebelum mengikuti rangkaian kegiatan tes kesamaptaan, seluruh peserta wajib mengikuti screening yakni dengan mengikuti pemeriksaan tensi, ukur tinggi & berat badan oleh personil bagian Siedokkes.

“Pemeriksaan kesehatan anggota adalah syarat wajib sebelum melakukan rangkaian TKJ (tes kesamaptaan jasmani), ini untuk memastikan kesehatan personil dan apabila dalam pemeriksaan personil dinyatakan sakit, kami lakukan penundaan sampai personil tersebut sehat”, imbuhnya.

Rangkaian tes Kesamaptaan Jasmani ini meliputi lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan shuttle run dan hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dan kesehatan setiap personil Polri.

Dilanjutkan pengarahan dari Bapak Kapolres Kepulauan Selayar Akbp Ujang Darmawan Hadi Saputra,SH,S.IK,MM,M.IK menyampaikan TKJ dapat menjadi salah satu faktor pendukung pengembangan karier personel Polri antara lain persyaratan untuk pengusulan kenaikan pangkat dan pendidikan pengembangan (Dikbang),serta bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik personil untuk selalu siap dalam melaksanakan tugas dilapangan.

“Diharapkan dengan diselenggarakannya tes kesamaptaan jasmani ini secara periodik dapat dilihat sejauh mana kondisi kemampuan fisik personel, utamanya untuk menjaga kestabilan kesehatan fisik,” pungkasnya.

Dengan jasmani yang sehat maka personel Insya Alloh akan mampu melaksanakan tugas pokok Polri yaitu harkamtibmas,melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta dalam hal penegakan hukum secara maksimal.( rls/Ucok Haidir )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *