Duarrr! Tim Jibom Ledakkan Dua Martir di Todanan

Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana dari Polda Jateng saat memastikan mortir sudah meledak.

BLORA, tribuntipikor.com
Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana dari Polda Jateng melakukan disposal terhadap Dua bahan peledak jenis Mortir yang ditemukan warga Dukuh Sumberejo, Desa Kedungbacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora pada Jawa-Tengah Senin (13/12/2021) kemarin.
Dispolsal sendiri dilakukan di lahan hutan Jati, Petak 9T KRPH Sumberejo, BKPH Kaliananas, BKPH Mantingan, KPH Rembang, Rabu (15/12/2021). Pukul 09:09 Wib.

Pantauan media dilapangan, sekitar pukul 14:00 Wib tampak sejumlah Lima petugas Gegana Polda Jateng dan beberapa anggota Polsek Todanan berjaga di lokasi disposal. Usai melakukan evakuasi dari tempat penemuan ke Dua Martir tersebut.

Polisi melakukan perimeter untuk disposal dengan radius hingga 300 meter. Satu ember berwarna hitam dibawa oleh 2 petugas Jibom ke tengah rerimbunan hutan Jati. Dan beberapa petugas lagi memastikan posisi bahan peledak.

Setelah meletak Martir diposisi yang sudah disiapkan, petugas kemudian menjauh dari lokasi. Sementara itu dari kejauhan sejumlah warga sekitar berkumpul menyaksikan proses disposal ini.

“Mohon perhatian akan dilakukan disposal. Kepada seluruh anggota yang bertugas dan masyarakat di sekitar TKP agar segera mencari perlindungan yang aman,” ujar seorang petugas dengan tegas.

Setelah aba-aba Lima hitungan mundur, bahan bom di-disposal. Duaarrr!!

Getaran cukup terasa setelah Mortir tersebut di-disposal. Tampak asap berwarna abu-abu membumbung tinggi di lokasi.

Di-disposal tersebut diikuti oleh Kapolsek Todanan IPTU Daknyo, Kanit Reskrim IPDA Suyadi beserta anggota dan Kades Kedungbacin Karjan beserta perangkat desa setempat.

“Kita liat sendiri bahwa Mortir tersebut sudah diledakkan oleh Tim Jibom. Dan itu berarti ke Dua Mortir itu masih aktif,” kata IPTU Daknyo, saat diwawancarai tribuntipikor.com usai disposal dilakukan.

Maka dari itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor apabila menemukan benda-benda yang sekiranya mencurigakan atau berbahaya.

“Jadi saya menghimbau masyarakat untuk segera melapor ke petugas keamanan. Diperkirakan ke Dua Mortir tersebut sisa-sisa dari peninggalan jaman penjajahan Belanda,” imbaunya.

Sementara itu, Karjan Kades Kedungbacin mengucapakan terima kasih kepada Jajaran Polsek Todanan dan Tim Jibom Gegana Polda Jateng yang melakukan disposal terhadap Mortir yang ditemukan warganya itu.

“Saya beserta masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada Polsek Todanan dan Tim Jibom Gegana Polda Jateng yang telah melakukan disposal ini. Alhamdulillah, proses demi proses berjalan lancar sampai disposal dilaksanakan,” ungkap Karjan. (Ryan).

Editorial: Solikin.gy
Reporter: Supriyanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *