BKPB PP Sumsel Ikuti Apel Kesiapsiagaan Personel Dan Peralatan Kebencanaan Alam

Palembang, tribuntipikor.com

Apel Kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Penanggulangan Bencana yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (16/11/2021) bertempat di Lapangan Tembak Jakabaring, Palembang diikuti sebanyak 850 Personil Gabungan dari TNI, Polri, BNPB, BPBD, Satpol PP, Damkar, Linmas, Dishub, Tagana, Pemuda Pancasila, Pramuka, Menwa, Pemuda Panca Marga dan Karang Taruna berlangsung khidmat dalam rangka persiapan menghadapi potensi kebencanaan yang terjadi di berbagai wilayah Sumatera Selatan terutama banjir dan longsor yang dapat merusak sarana dan prasarana bahkan korban jiwa.

Sebagai pembina apel, Bapak H. Herman Deru, Gubernur Sumsel, dan dihadiri tamu undangan antara lain Panglima Kodam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Kepala Basarnas Sumsel, Danlanal, Danlanud, Bupati/Walikota se-Sumsel, Kepala BPBD se-Sumsel dan lainnya.

Hadir dari Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan yaitu Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumsel M. Yansuri diwakili Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan, RM. H. Ari Maulana, didampingi Pengurus PW BKPB PP Sumsel, M. Zulfikar selaku Ketua, Wakil Ketua Elbaroma, Sekretaris Mark Kasanova, Bendahara Rajib Hidayat, Pengurus PW BPK PP Sumsel, Ferry Pirmansyah selaku Wakil Ketua, serta Komandan KOTI Palembang, Herman dan Ketua PC BKPB Palembang, Ryansu. Dalam giat tersebut, Pemuda Pancasila Sumsel menurunkan 62 Personil dari unsur BKPB dan KOTI MAHATIDANA sebagai personel relawan gabungan yang akan siaga terhadap bencana longsor dan banjir di Sumsel.

Selain itu BKPB Pemuda Pancasila Sumsel juga turut menampilkan peralatan berupa Mobile Field Kitchen BKPB (dapur lapangan bergerak) dan 2 unit Rescue Mobile. Dalam apel tersebut Bapak H. Herman Deru berkesempatan melihat dan mengapresiasi personil serta peralatan dari Pemuda Pancasila Sumsel yang turut berpartisipasi, maka melalui Kabid. OK MPW Pemuda Pancasila Sumsel, RM. H. Ari Maulana pun menjelaskan kepada beliau perihal Tupoksi Badan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana Pemuda Pancasila serta kesiapan membantu dan bekerjasama dengan pemerintah provinsi Sumsel dan elemen lainnya. Selaku Ketua MPO Pemuda Pancasila Provinsi Sumsel, beliau meminta kepada Pemuda Pancasila Se-Sumsel untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan berbagai elemen di Sumsel.

Pada kesempatan tersebut, Mark Kasanova selaku Sekretaris PW BKPB Pemuda Pancasila Prov. Sumsel menyampaikan bahwa PW BKPB Sumsel telah mengikuti beberapa agenda dari BNPB antara lainnya yaitu Pelatihan Relawan Covid-19, kedepan kita akan perkuat sinergitas ini melalui MoU Turunan dengan BNPB, BPBD, Basarnas serta TNI-Polri, karena di Pusat telah banyak hal yang dilakukan oleh MPN Pemuda Pancasila, kita tinggal mensinkronkan saja sesuai dengan kebutuhan di Sumatera Selatan.

“Kedepan kita akan persiapkan Diklat Kaderisasi Khusus BKPB guna memprofesionalkan dan membentuk sebuat format personil BKPB yang profesional, sehat, tangguh dan terampil dalam menghadapi berbagai potensi-potensi kebencanaan di Sumatera Selatan, begitupun juga dengan peralatan yang memadai” tukas Mark Kasanova, yang sering dipanggil Bule ini.

Jhoni

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *