SMK Negeri 10 Bandung merupakan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rumpun Seni Pertunjukan pertama di Provinsi Jawa Barat

Bandung, tribuntipikor.com

SMK Negeri 10 Bandung merupakan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rumpun Seni Pertunjukan pertama di Provinsi Jawa Barat, Indonesia dan terletak di Kota Bandung. Berlokasi di Jalan Cijawura Hilir No. 339, Kelurahan Cijawura, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. SMK Negeri 10 Bandung berdiri diatas lahan tanah seluas 55.000 m² (5,5 Ha).
Dangiang Jagat dengan Gamelan Kuta Windu sebagai pendobrak dengan gaya gamelan bitelnya mengharumkan nama KOKAR Bandung di Festival Sendratari Ramayana tingkat Internasional di Pandaan, Jawa Timur pada tahun 1970. Musik Angklung KOKAR Bandung juga ikut pula mengharumkan nama KOKAR, karyanya masuk dunia rekaman di Jakarta, dilibatkan dalam pembuatan film History of Angklung yang diproduksi oleh pemerintah Australia tahun 1971. Kemudian Dangiang Jagat melanglang ke luar negeri mengikuti International Art Festival tahun 1980 di Taiwan dengan karawitan gending SANGKURIANG, sedangkan Gamelan Sari Arum ikut mengharumkan karya-karya karawitan selanjutnya, baik yang diolah siswa maupun para gurunya, seperti Rampak Kendang yang bisa menembus tingkat Nasional dengan diundangnya mengisi pergelaran di Istana Presiden di Jakarta dan mengharumkan nama Indonesia di Tournament of Roses di Pasadena California Amerika Serikat pada tahun 1991, dengan memperoleh penghargaan Piala Issabela sebagai Best presentation of color and color harmony.

Banyak prestasi yang diraih gemilang oleh Siswa dan Siswi KOKAR Bandung/SMKI Negeri Bandung/SMK Negeri 10 Bandung baik di tingkat Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Nasional maupun Internasional.

Salah satu bukti prestasi lain yang nyata adalah dengan diraihnya juara berturut-turut dan dipastikan setiap tahun berhasil menjadi juara 1 dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS SMK) Tingkat Nasional atau pada saat ini disebut Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di dalam bidang Seni Karawitan, Seni Padalangan, Seni Tari, Seni Teater dan Seni Musik.

Selain hal tersebut diatas juga para Siswa dan Siswinya berprestasi di kompetisi-kompetisi tingkat Nasional maupun Internasional lainnya yang tentu saja mengharumkan nama sekolah.


SMKN 10 Bandung, dengan segudang prestasinya akan mengikuti FlS2N 2021 dan sudah di tahap mewakili provinsi Jawa Barat yang diadakan oleh Kemendikbud.
SMKN10 Bandung menciptakan 2 buah lagu dengan judul “Jayalah Indonesiaku”, dengan bahasa Indonesia dan nonomon Indonesia yang di ciptakan oleh salah satu murid SMKN 10 Bandung yang bernama Faza Sadikin Permana. ( Icha/ Nurdiani )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *