Bli Gede Budi roadshow Pembinaan Umat Hindu Di Way Kanan

Way Kanan, tribuntipikor.com

Ketua Majelis Adat Pekraman (MAP) Way Kanan I Gede Budi Artana, S.Pd., MM bersama dengan Kelompok Kerja Penyuluh Propinsi Lampung dan Way Kanan melakukan kegiatan pembinaan umat di Kampung Adijaya Kecamatan Negara Batin, (20/06).

Bli Gede Budi mengatakan bahwa, Karena dalam situasi pendemi, pembinaan dilakukan dalam protokol kesehatan (Prokes) sehingga jumlah dibatasi hanya 50 Orang yang merupakan perwakilan dari beberapa Kampung yaitu, Adijaya, Gisting Jaya, Gedung Jaya dan perwakilan umat dari pemukiman Register 44 Way Kanan.

“Saya bersama tim penyuluh memberikan pembinaan penguatan kepada umat dalam bhakti kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa dan tetap memegang teguh budaya luhur nusantara yang diwarisinya,”ungkap Bli Gede.

Lebih lanjut Bli Gede Budi menambahkan, Dalam pembinaan ini terungkap bahwa di Kecamatan Negara Batin dengan jumlah Umat Hindu yg cukup banyak sekitar 500 KK, disini tidak tersedia Guru Agama Hindu ataupun penyuluh agama Hindu.

“Oleh karenanya kami meminta supaya pemerintah daerah dapat memperhatikan kondisi ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam memberikan pelajaran agama sesuai dengan agama yang dianut oleh siswa,”katanya.

Pembinaan yang dilakukan oleh Gede Budi telah menggugah semangat berbagai organisasi umat Hindu utk bersama sama terjun kedaerah daerah terpencil melakukan pembinaan.

Organisasi Organisasi itu diantaranya : Penyelenggara Hindu, Kelompok Kerja Penyuluh, WHDI, PHDI, MAP, dan Pradah.

“Kami semua berkomitmen akan secara kontinyu melakukan pembinaan umat dan mendorong disetiap lingkungan masyarakat Hindu terbentuk sebuah Pasraman yang merupakan lembaga pendidikan informal utk memberikan penguatan pelajaran agama dan budaya budaya yang telah diwariskan para leluhur. Sampai akhir bulan juni ini sudah terjadwalkan 2 titik pembinaan yaitu di Desa Tanjung Rejo Negeri Agung dan Sri Bhakti Umpu Semenguk,”pungkas Gede Budi. (Ys)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *