Kecamatan Cibeunying Kidul Targetkan 100% Bebas Buang Air Besar Sembarangan (ODF)

Kota Bandung, tribuntipikor.com

Kecamatan Cibeunying Kidul menargetkan 100% Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan pada tahun ini. Camat Cibeunying Kidul, Aris Rusdianto menyatakan, percepatan program ini diperkirakan selesai pada pertengahan Mei 2021.
Rencananya  kalau dilihat dari kalender Bandung Sehat itu harusnya di bulan Mei kita sudah selesai,” kata dia saat ditemui kantornya, Kamis (25/3).
Secara keseluruhan, program ODF dari enam kelurahan yang ada di Cibeuning Kidul, kata Aris, sudah berjalan 72%. Karenanya untuk mengejar target, dilakukan beberapa upaya untuk mempercepat program ini.
Kita memadukan kegiatan yang bisa dilakukan untuk percepatan program ini. Seperti tadi ada pengecekan kembali data untuk klasifikasi masyarakat yang tidak mampu membuat septic tank dan masyarakat yang bisa membuat mandiri,” lanjut Aris.
Di samping adanya Covid-19, Aris mengatakan, ketersediaan dana dan kesadaran masyarakat juga merupakan kendala yang ada.
Inilah tugas kita bagaimana caranya mengedukasi masyarakat bahwa membuang air besar sembarangan itu berbahaya,” tambahnya.
Di Cibeunying Kidul , bentuk realisasi program ODF ini dengan membangun septic tank komunal maupun mandiri.
Kota Bandung diketahui menargetkan 100% ODF pada 2020. Namun hal tersebut sempat terganggu akibat pandemi Covid-19. Karenanya, saat ini berbagai kecamatan di kota Bandung mulai bergeliat kembali untuk mewujudkan target 100% program Open Defecation Free (ODF) ODF Kota Bandung bebas buang air besar sembarangan,”ungkapnya
(Budi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *