Lembaga Survei Nata Bangsa Research Consulting jakarta, dr. Kalorin Margret Natasa MH, mendapatkan elektabilitas tertinggi dari kandidat lainnya.

Landak Kalbar, tribuntipikor.com

Menjelang pilkada landak hasil survei pun bermunculan dengan lembaga survei yang berbeda-beda,salah satu lembaga survei Nata Bangsa Research Consulting jakarta,telah melakukan survey dari tanggal 24 Mei sampai 7 Juni 2024,menunjukkan Bakal Calon Bupati Landak periode 2025-2030, dr. Karolin Margret Natasa, MH menduduki elektabilitas pertama dari Bacalon bupati lainnya.Konsipres yang telah dilakukan senin,17/06/2024 malam di Weng Cafe Ngabang hadir pasang (KREN).

Berdasar kan data yang disampaikan oleh Lembaga survei Nata Bangsa jakarta dapat menulis elektabilitas masing-masing kandidat bakal Calon Bupati dan wakil Bupati landak yang telah diinput seperti di bawah ini;

1.Karolin Margret Natasa, 7,60 %
2.Herculanus Heriandi, 3.11 %

  1. Oktapius, 2,59 %
  2. Heri Saman, 2,25 %
    5.Samuel, 2.07 %
    6.Vinsensius, 1,90 %
    7.Aris Ismael 1.73 %

Imam hanafi direktur program Nata Bangsa,menjelaskan tentang mekanisme dalam melakukan survey ,”bahwa peta potensi pemilih ini berdasarkan analisa dan perhitungan statistik dengan menggunakan basis data Tim Investigasi NBRC x EOS dan target sampel sebanyak 400 dengan margin of error+/-3,5 % pada tingkat kepercayaan 95 %,”jelas Imam hanafi.

Imam juga mengatakan adapun hasil investigasi tentang preferensi politik ini sendiri dilakukan di 13 kecamatan dari 156 desa dan +_ 1472 TPS di Kabupaten Landak, dimana hasil yang diperoleh berdasarkan pada popularitas, nama Karolin Margret Natasa menempati peringkat pertama dengan angka 94,8 % disusul Heri Saman sebanyak 89,46%, dan Herculanus sebesar 52,33%, disusul dengan 11 nama tokoh lainnya yang juga ikut dalam data survei yang masuk.

“Untuk popularitas nama 5 tokoh yang disurvei, Karolin Margret Natasa, menempati posisi teratas yakini 94,82%, dan Heri Saman 89,46%, Herculanus Heriadi 52,33%, Samuel (Pj.Bupati) 23,32%, dan Aris Ismail (Wakil Ketua II DPRD Landak) 21,24%,” sambung Imam.

Menanggapi hasil survei yang disampaikan oleh Lembaga Nata Bangsa, bakal calon Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan, bahwa hasil survei yang disampaikan tersebut dapat bisa dipertanggungjawabkan,dimana hasil survei yang dilakukan berdasarkan data real yang diperoleh di lapangan.

“Dalam survei ini saya tidak bisa hanya menggunakan satu survei saja, kita dapat menggunakan paling tidak dua atau tiga lembaga survei untuk kita bisa bandingkan hasilnya.Untuk hasil survei yang telah dilakukan oleh lembaga survei Nata Bangsa ini pastinya dapat dipertanggungjawabkan oleh mereka,”ujar Karolin

Karolin menambahkan, mengingatkan pelaksanaan pilkada masih akan berlangsung beberapa bulan lagi, dinamika dalam pelaksanaannya dikatakan Karolin masih akan terjadi, karna itu ia berharap agar peran perss juga diperlukan untuk menjaga kondusifitas daerah tetap aman, damai sehingga pelaksanaan pilkada Landak dapat berjalan dengan baik.

“Peran perss sangat penting dalam menyampaikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, merupakan bagian dari upaya kita bersama saling menjaga agar demokrasi ini adalah demokrasi yang mencerdaskan,”tambah Karolin(sgt).

Pos terkait