Satreskrim Polres Boyolali Lakukan Sidak di SPBU Kabupaten Boyolali untuk Antisipasi Kecurangan dan Kelangkaan BBM

Kabupaten Boyolali, tribuntipikor.com

Dalam rangka mengantisipasi potensi kecurangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024, Tim Unit II Tipidter Satreskrim Polres Boyolali melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di wilayah Kabupaten Boyolali pada Jumat, 29 Maret 2024.

Operasi ini dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Boyolali Polda Jateng, IPTU Joko Purwadi, S.H., M.H., yang menargetkan SPBU 44.573.08 di JL. Alternatif Boyolali – Klaten, Manggis, Mojosongo, Boyolali, serta SPBU 44.573.11 di Jl. Nangka Gumulan, Gumulan, Kemiri, Kabupaten Boyolali.

Tim melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mesin cor BBM, termasuk BBM subsidi dan non-subsidi, memastikan konsistensi antara catatan pengeluaran BBM di mesin dengan jumlah sebenarnya, serta mengecek kelayakan operasional mesin-mesin tersebut.

Selain itu, tim juga mencatat ketersediaan stok BBM di setiap SPBU dan memberikan arahan kepada pegawai SPBU untuk memeriksa secara rutin kondisi mesin dan stok BBM.

Hasil sidak menunjukkan tidak ada kecurangan atau pelanggaran yang merugikan konsumen atau masyarakat. Mesin cor BBM umumnya dalam kondisi baik dan normal, sementara stok BBM di setiap SPBU yang diperiksa terjamin.

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, saat dikonfirmasi, mengimbau kepada pengelola SPBU di wilayah Boyolali untuk tidak melakukan praktik yang merugikan masyarakat, demi memastikan layanan yang adil dan transparan bagi konsumen SPBU di wilayah tersebut.

Hasil koordinasi dengan Pertamina dan depo-depo Pertamina juga menunjukkan bahwa ketersediaan BBM di Boyolali menjelang arus mudik Lebaran masih dalam kondisi aman.

Andi Prasetyo

Pos terkait