Kapolres Bantaeng Pimpin Rakor Lintas Sektoral Bidang Ops Dalam Rangka PAM Natal dan Tahun Baru 2024

Bantaeng, tribuntipikor.com

Polres Bantaeng mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Bidang Operasional dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Endradharmalaksana 99 Mapolres Bantaeng Jl. Sungai Bialo Kel. Malilingi Kec. Bantaeng Kab. Bantaeng. Selasa (19/12/2023).

Dalam pengamanan Nataru, pada dasarnya Polri bersama dengan lembaga terkait siap mengantisipasi dengan baik hal-hal yang bakal terjadi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata.

Rakor lintas sektoral ini dipimpin oleh Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara, SH, S.I.K, M.Si.

Dalam arahannya Kapolres Bantaeng mengatakan Polres Bantaeng siap untuk melakukan pengamanan menjelang Nataru dan ini menjadi atensi khusus karena bersamaan dengan libur panjang sekolah dan tahapan kampanye.

“Dibutuhkan kerja ekstra untuk mengamankan libur panjang, nataru dan tahapan kampanye,” ungkap Kapolres.

Dalam pengamanan, Kata Kapolres Bantaeng, pihaknya akan mengamankan 3 Gereja yang akan melaksanakan ibadah Natal dan tahun baru.

Kendati demikian, dibutuhkan Kolaborasi unsur Tripika dalam memetakan lokasi-lokasi yang menjadi prioritas dan fokus pengamanan, seperti tempat ibadah, objek wisata, dan jalur-jalur mobilitas masyarakat yang dianggap rawan dengan adanya libur panjang oleh Pelajar.

Terkait masalah kerawanan Kamtibmas, Polres Bantaeng sudah mulai melakukan langkah-langkah pencegahan dan penindakan kepada para pelaku kejahatan di Kab. Bantaeng menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, ujar Kapolres.

Menurut dia, kekuatan Polri untuk pengamanan Natal dan tahun baru sebanyak 36 personil dari polres Bantaeng dan 40 personil tambahan yakni dari Kodim Bantaeng, POM, Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk yang melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, pihak dari FKUB dan dari pengurus gereja juga diundang untuk mengikuti rapat lintas sektoral sehingga kita bisa koordinasi sejak awal terkait mekanisme pengamanan geraja dan menjamin saat melaksanakan ibadah itu bisa khusyuk tidak terganggu dengan hal-hal yang lain, sehingga lalu lintas lancar dan masyarakat nyaman sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengamankan perayaan Natal dan tahun baru agar semuanya berjalan lancar, aman, dan kondusif,” ujarnya.

Sementara itu arahan Andi Hartawan Zainuddin, S.H.,M.H. (Asisten I mewakili Bupati Bantaeng) mengatakan Menjelang Nataru ini dibutuhkan persiapan yang tepat agar masyarakat kita dapat beribadah dengan aman dan nyaman dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng akan terus mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Polres Bantaeng.

Harapan kita tetap dilakukan sinergi yang baik bersama instansi terkait guna menciptakan situasi yang aman dan damai, tandasnya.

Kapten Inf. Andi Usman (Pasi Ops mewakili Dandim 1410 Btg) dalam pemaparannya mengatakan pihak TNI dalam hal ini Kodim 1410/Btg akan mendukung penuh Polri dalam pengamanan Nataru 2024.

Menurutnya, Perlunya Patroli dialogis di tempat yang dianggap rawan dan menjadi titik berkumpulnya masyarakat. Terkait Malam tahun baru dan Tahun Baru perlunya pengamanan di lokasi wisata dan tempat yang nantinya akan dikunjungi masyarakat oleh pihak berwajib dan dibantu oleh dari pihak TNI, ucap Kapten Inf Andi Usman.

Rapat koordinasi lintas sektoral ini dihadiri oleh Andi Hartawan Zainuddin, S.H.,M.H. (Asisten I mewakili Bupati Bantaeng), AKBP Andi Kumara, S.H.,S.I.K, M.Si. ( Kapolres Bantaeng ), Kapten Inf. Andi Usman (Pasi Ops mewakili Dandim 1410 Btg), Kapten CPM Abraham Latuihamallo (Dansubdenpom XIV/1-2 Bantaeng), Para PJU dan Kapolsek jajaran Polres Bantaeng dan Para Kepala OPD, Para Pendeta dan tamu undangan.( Ucok Haidir )

Pos terkait