Hujan deras dan Tanah Longsor di kecamatan Purba Tua, merugikan masyarakat di beberapa desa

Tapanuli Utara, tribuntipikor.com

Pada Tanggal 26/11/2023- Hujan yang cukup lama di kecamatan Purba tua, kabupaten Tapanuli Utara, sumatera Utara sejak Kamis (23/11/2023) sore hingga malam menyebabkan terjadi tanah longsor di beberapa desa di kecamatan Purba tua Jumat (24/11/2023) sekira pukul 17.00 WIB petang.
Tanah longsor dari tebing setinggi 30 meter di tanah kosong yang ditumbuhi pohon tersebut menutupi beberapa Jalan di kecamatan Purba tua.

Material tanah dan pohon yang tumbang menutupi jalan menimbulkan kemacetan di sepanjang Jalan di kedua arah.
Beruntung tidak longsor tersebut tidak memakan korban, karena warga yang rumah nya terkena longsor masih sempat menyelamatkan diri.
Ada juga warga penghuni rumah yang pas berada di teras sehingga bisa menyelamatkan diri.
Sehingga longsor itu pun tidak ada memakan korban jiwa.

Ada pun beberapa desa yang terkena longsor yang diakibatkan hujan deras tersebut, seperti desa,”
Desa Huta Nagodang, Desa Sidua Bahal, desa sibulan bulan.
Beberapa kerusakan dan kerugian yang dialami warga desa itu seperti, lahan padi yang terendam seluas 50 hektar, sehingga banyak tanaman padi masyarakat yang sudah menguning.
Ada juga warga desa Huta Nagodang korban longsor yang bernama Timbul Tambunan mengalami kerugian mencapai Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah).

Dengan peristiwa tersebut, Kepolisian Sektor Purba tua melakukan cek tempat kejadian pekara dan mengecek kondisi warga yang tertimpa longsor di Desa Huta Nagodang, Kecamatan Purba Tua, Kab Tapanuli Utara, Jum’at kemarin (24/11/23).
kepala Biro Amir Hamzah simanjuntak/bersama Tim waka,:RS.

Pos terkait