Warga Banyuresmi Yang Tergabung di FKKG Desak DPRD Garut Buat Pansus Pengelolaan Obwis Situ Bagendit

Garut, tribuntipikor.com

DPRD Kabupaten Garut bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menerima audensi dari Warga Banyuresmi yang tergabung di Forum Kedaulatan Kabupaten Garut. Rabu (22/6/2022).

Kedatangan Warga Banyuresmi yang tergabung dalam Forum kedaulatan Kabupaten Garut itu untuk mendesak DPRD Garut membuat pansus pengelolaan wisata bagendit.

Situ Bagendit merupakan salah satu objek wisata alam dan danau kebanggaan warga garut dan akan menjadi andalan pemerintah Kabupaten Garut dan Provinsi Jabar sebagai wisata kelas dunia, namun objek wisata Situ Bagendit harus memberikan dampak sebesar- besarnya bagi masyarakat, terutama harus tumbuh kembang sektor perekonomian yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan wisata.

Sinergitas itu tentunya menjadikan objek wisata Situ Bagendit sebagai wisata kelas dunia guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Menyikapi kabar berita dari berbagai media Bupati Garut gencar mempromosikan wisata situ bagendit sebagai wisata kelas dunia ini akan di swastanisasi atau akan di pihak ketigakan melalui tender.

” kami warga masyarakat sekitar zona wisata situ bagendit sangat menolak dengan sikap pimpinan daerah yang semena mena tersebut, kami menilai tak wajar jika wisata situ bagendit yang sudah di bangun oleh anggaran pemerintah ini harus dikelola pihak swasta “,ungkap Kordinator FKKG Andri Hidayatulloh.

Andri Hidayatulloh selaku Koordinator menyatakan, bahwa dengan ini kami warga masyarakat yang tergabung Forum Kedaulatan menuntut :

  1. Masyarakat Banyuresmi secara tegas menolak terhadap rencana pengelolaan Situ Bagendit oleh Pihak Ketiga.
  2. Meminta secara tertulis dari Pemerintah Daerah tentang pemberdayaan masyarakat sekitar.
  3. Mendorong Pemerintah Daerah agar memberdayakan BUMD/Badan Otorisas Wisata untuk mengelola Situ Bagendit
  4. Pemberdayaan Bumdes yang mempunyai spesifikasi Wisata.
  5. Meminta DPRD Garut untuk membentuk Pansus tentang Situ Bagendit.

Masih Kata Andri, ” Kami Forum Kedaulatan Kabupaten Garut khawatir jika Kawasan Wisata Situ Bagendit di swastanisasi atau di pihak ketigakan sebagaimana yang digembar gemborkan Bupati Garut selama ini justru tidak mensejahterakan warga sekitar Situ Bagendit “,tegasnya

Desakan itu disampaikan Koordinator Forum Kedaulatan, Andri Hidayatulloh beserta masyarakat banyuresmi dalam audiensi yang digelar di ruang Komisi III DPRD Kabupaten Garut dan dihadiri legislator Yusuf Musyafa (Wakil. ketua Komisi III), Samsudin (Sekretatis Komisi III, Dedi Suryadi dan Cucu Suhendar (anggota komisi III), sementara dari Pemkab Garut dihadiri perwakilan Disparbud, BPKAD dan Bapenda.

” Objek wisata Situ Bagendit harus memberikan dampak sebesar besarnya bagi masyarakat, terutama harus tumbuh kembang sektor perekonomian yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan wisata agar sinergitas ini menjadikan objek wisata Situ Bagendit sebagai wisata kelas dunia guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar “,pungkas Andri.

(Wawan)

Pos terkait