KADES SUKASIRNARASA RASIDI, KECAMATAN RANCAKALONG KABUPATEN SUMEDANG TERUS BERBENAH DALAM PENINGKATAN KESEJEHTRAAN EKONOMI SOSIAL DAN BUDAYA.

Kab Sumedang, tribuntipikor.com

Masyarakat Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang Jawa-Barat, mayoritas beraktifitas sebagai petani. kehidupan yang pas-pasan yang membuat mereka tetap bertahan menempati Rutilahu, dan ini masih banyak di temukan di desa Sukasirnarasa. Seiring
berjalannya waktu, Pemerintahan desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong terus berbenah dalam peningkatan Kesejahteraan Ekonomi, Sosial Budaya, dan Inspratuktur . Tentunya hal ini berkat kreativitas dan kepemimpinan Rasidi sang kepala desa, dalam mewujudkan peningkatan Desa agar masyarakatnya bisa menikmati roda pembangunan yang bersumber dari DD.
Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang di peruntukan bagi desa, dan desa adat yang di transfer melalui APBD Kabupaten/Kota, dan di gunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah pembangunan serta pemberdayaan masyarakat. Fokus penting dari penyaluran dana ini lebih terkait pada Implementasi pengalokasian dana desa agar bisa sesempurna gagasan para Inisiatornya.
Sa’at di wawancarai wartawan tribuntipikor di lokasi, Rasidi ( Kuwu ) Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong Sumedang , mengungkapkan kami telah membangun-Rutilahu 6 Unit Rumah tidak layak huni di Tiga Dusun yang perdusunnya, masyarakat penerima manfaat pembangunan Rutilahu 2 Unit per-Dusun, di antaranya : Sodikin dusun Cikakak RW 01, Yaya dusun Sembungrugul RW 02, Ane dusun Ciledug RW 05, Siti Fatimah dusun Pasirleutik RW 07, Atun dusun Cikuray RW 08, dan Jaja dusun Cibawang di RW 11, dengan biaya anggaran 8jt/unit. Lebih lanjutnya sambil menunggu dan tidak mengandalkan bantuan dari Kemensos dan Perkimtam yang menunggu lama Terlearisasi.
Alhamdulillah tahun 2021 dana desa tersebut Pemdes Sukasirnarasa memiliki kebijakan dengan mengambil skala prioritas terhadap masyarakat yang betul-betul membutuhkan bantuan untuk Rutilahu masyarakat yang kurang mampu, sedikit demi sedikit secara bertahap, mandiri bisa mensejahterakan masyarakat dalam Transportasi Ekonomi sehingga hasilnya bisa kita lihat, dan bisa kita rasakan sekarang ini.
Selain dana desa dari APBD juga mengatakan, pihaknya menerima Banprop untuk perbaikan kantor desa. Akhir perbincangan tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada, Babinsa Sertu Rukman, Kamtibmas Bripka Cecep M Ihsan, seluruh perangkat Desa, LPM,BPD, dan seluruh masyarakat Stockholder di dalamnya. Serta Fasilitator desa, dan muspika kecamatan Rancakalong yang telah membantu mendorong peningkatan kesejahteraan roda pembangunan Desa Sukasirnarasa cukup bermanfaat. Pungkasnya..** ( dedy korwil priangan )

Pos terkait