Sat Lantas Polres Ciamis Lakukan Penyekatan Kawasan Obyek Wisata Pangandaran

Pangandaran, tribuntipikor.com

Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan penyekatan kendaraan yang hendak menuju kawasan obyek wisata Pangandaran. Penyekatan ini dilakukan di dua titik berbeda, yakni Simpang Tiga Pancimas Kalipucang dan Cimerak Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, belum lama ini

Kegiatan penyekatan ini dibawah kendali operasional Kanit Turjawali Satlantas Polres Ciamis Iptu Dasino Gustiana. Sebanyak 11 personel Satuan Lalu Lintas dibantu instansi terkait lainnya bersiaga melakukan penyekatan di dua titik yang menjadi akses masuk menuju kawasan obyek wisata Pangandaran.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo, S.I.K., M.Si., mengatakan, penyekatan ini dilakukan untuk memastikan wisatawan yang akan menikmati akhir pekan di obyek wisata Pangandaran terbebas dari Covid-19. Salah satunya para pengendaran diminta untuk menunjukan surat bebas dari Covid-19 hasil pemeriksaan rapid antigen, swab maupun PCR.

“Penyekatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virua corona di kawasan obyek wisata. Sehingga wisatawan lainnya yang terbebas dari Covid-19 dapat merasa nyaman dan aman saat berlibur di kawasan obyek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran,” kata AKP Bowo.

Lebih lanjut, AKP Bowo mengatakan, pihaknya akan secara tegas mengambil tindakan kepada pengendara yang tidak mengikuti peraturan yang telah disepakati bersama untuk kawasan obyek wisata Pangandaran kususnya.

Tindakan berupa putar balikan kendaraan diberlakukan kepada mereka yang tidak bisa menunjukan tanda bebas Covid-19.

“Penyekatan hari ini, tercatat sampai dengan pukul 15.30 WIB ada 26 kendaraan dengan berbagai jenis serta merek terpaksa kita putar balikan. Mereka semua tidak bisa menunjukan surat bebas Covid-19,” tutur AKP Bowo.
AKP Bowo berpesan kepada warga masyarakat yang hendak akan menghabisi waktu akhir pekan di kawasan obyek wisata untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan.

Salah satunya mempersiapkan surat bebas Covid-19 melalui hasil pemeriksaan rapid antigen maupun swab tes

“Meskipun sedang berlibur, protokol kesehtan tetap selalu dijalankan. Kedisiplinan kita bersama menerapkan protokol kesehatan menjadi salah satu kunci memutus rantai penyebaran virus corona,” pungkasnya.

Selama pelaksanaan penyekatan, seuruh personel yang bertugas tetap mempedomani protokol kesehatan. Dengan selalu memakai masker dan menghindari timbulnya kerumunan saat melakukan pemeriksaan kendaraan.

Situasi sampai dengan saat ini masih dalam keadaan aman, damai, dan kondusif. (INDRA JAYA)

Pos terkait