Irbanwil Satu (1) Inspektorat Kabupaten Lampung Utara Sambangi Tiga Desa Di Kecamatan Abung Semuli

Lampung Utara, tribuntipikor.com

Irbanwil 1 Inspektorat Kabupaten Lampung Utara,Patoni,SE.Dan Ahmat Nofan F bersama jajarannya turun ke lapangan dan memeriksa pembangunan dari dana desa tahun anggaran 2020 tahap tiga (3) di, tiga desa  di Kecamatan Abung Semuli, Selasa, (19/01/2021).
Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan bentuk kinerja pembangunan untuk lebih maju lagi agar benar-benar pembangunan yang dilakukan di desa dapat di rasakan oleh masyarakat,” jelas Patoni,SE.Dari Irbanwil
satu (1) Inspektorat Kabupaten Lampung Utara.


Adapun pembangunan tersebut, yakni; pembuatan Gedung Posyandu dan rehap total Kantor Desa Semuli Raya,yang di bawah kepemimpinan Deddy Surachman, kemudian di Desa Semuli Jaya,Juniyanto yang biasa di panggil dengan sebutan akrabnya pak Eko, yakni: pembangunan gedung serba guna (GSG).
Selanjutnya, di desa Sukamaju yang dipimpin oleh Pj Kepala Desa, Rizal Dikatakannya, ada tiga (3) item pembangunan yaitu; pemasangan paving blok,di halaman kantor Desa, dan halaman Paut serta jalan Desa.
Kepala desa menghimbau kepada masyarakat agar semua pembangunan yang telah disalurkan melalui program dana desa (DD), yang telah dikucurkan oleh pemerintah pusat, melalui pemerintah daerah, hingga sampai ke desa, supaya dibangun lebih maju dari sebelumnya.”ujar kades Semuli Raya.


Maka dari pada itu kita harus merawatnya bersama demi kesejahteraan bersama.
Alhamdulillah di tiga desa yang berada di wilayah kecamat Abung Semuli,sudah kita laksanakan,” imbuhnya.
Adapun kegiatan pembinaan dan pengawasan (BINWAS),di Desa, yang dimaksud, berdasarkan dari amanah Undang-Undang Desa Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang mengacu Peraturan Pamerintah Nomor 39 Tahun 2006,”Jelas Kades.
Dalam pengawasan dan pembinaan pengerjaan fisik yang dianggarkan melalui dana desa ini ditujukan agar pelaksanaan pengerjaan pembangunan fisik sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB) serta juklak dan juknisnya,” jelas Kades.
Kepala Desa Semuli Raya, DEDDY Surachman menyampaikan, Binwas, dari inspektorat hari ini (19/1) di Desa kami, melalui Tim Irbanwil I Kabupaten Lampura, adalah Binwas tahap III akhir. memeriksa hasil pembangunan tahap III dari anggaran Dana Desa tahun anggaran 2020, untuk fisik maupun nonfisik, Pembinaan dan pengawasan administrasi Dana Desa di Desa kami,”terang Kades.
Alhamdulillah hasil BINWAS hari ini, Desa kami mendapatkan pembinaan serta arahan dari Irbanwil I sehingga menambah wawasan kami dalam penempatan dan pengunaan anggaran Dana Desa, sehingga kedepannya di harapkan pembangunan di Desa Semuli Raya, akan lebih baik lagi dan mamfaatnya dapat di rasakan oleh masyarakat. Kata Deddy.
Senada di sampaikan Pj. Kepala Desa Semuli Jaya, Juniyanto, Alhamdullillah dengan Adanya Binwas yang di lakukan dari Irbanwil I Kabupaten, sangat bermamfaat bagi kami.
Pasalnya melalui yang di lakukan inspektorat menambah ilmu pengetahuan kepada kami selaku penanggung jawab pengelolaan anggaran Dana Desa,tahun anggaran 2020.


Yang tadinya kami tidak faham, alhamdulillah melalui pembinaan dan arahan dari Irbanwil I menjadi motivasi bagi kami kepala desa dalam melaksanakan program pembangunan di desa yang bersumber dari anggaran Dana Desa, “Ungkapnya.
Kepala Desa Semuli Raya, Pj. Kepala Desa Semuli Jaya Juniyanto,dan Pj.Kepala Desa Sukamaju yang di wakili oleh Sekdes Agus, mengucapkan terima kasih kepada Irbanwil I dan mengapresiasi Binwas tahap akhir dari Dana Desa tahun angaran 2020 yang telah dilaksanakan di Desa Kami,” pungkasnya.(Derry)

Pos terkait