Talang Batu Desa Tua Di Mesuji Yang Banyak Menyimpan Potensi

  • Whatsapp
Talang Batu Desa Tua Di Mesuji Yang Banyak Menyimpan Potensi
Talang Batu Desa Tua Di Mesuji Yang Banyak Menyimpan Potensi

Mesuji, Lampung – tribuntipikor.com

Talang Batu salah satu desa yang bisa dikatakan tua ini, berusia lebih dari 100 tahun, bisa dilihat dari ditetapkannya residen Belanda, 12 September 1916.

Berada di Kabupaten Mesuji, tepatnya di kecamatan Mesuji Timur. Banyak sekali menyimpan potensi bisa terlihat dibeberapa aspek yang sangat luar biasa, bisa dilihat baik dari peninggalan sejarah, prospek investasi dan masih banyak hal hal lainnya.

Kami pun awak media Tribun Tipikor mencoba menelusuri lebih jauh tentang desa yang sudah tua ini. Desa Talang Batu pada saat ini bisa dikatakan sudah mulai berangsur maju baik dari sisi pembangunan desa dan juga kemajuan perekonomian masyarakatnya.

Itu tidak lepas ikut andilnya tokoh dan masyarakat Talang Batu sendiri, dan juga kepala desa pada saat ini.

Talang Batu Desa Tua Di Mesuji Yang Banyak Menyimpan Potensi

Bapak Zulham Efendi SE, Kepala Desa Talang batu yang sudah 2 periode banyak sekali membuat berubahan yang sangat signifikan untuk kemajuan pembangunan yang ada di Talang Batu dibidang infrastrukstur, dengan didukung oleh bantuan dari pemerintah daerah mau pun pusat sangatlah dimaksimalkan oleh Bapak Zul ini sapaan sehari-hari kepala desa Talang Batu, untuk pembangunan desa.

Awak media Tribun Tipikor pun menemui Bapak Zul dikediamannya untuk kami mintai keterangan, terkait kemajuan yang ada di desa Talang Batu. Bapak Zul hanya mencoba merealisasikan bantuan-bantuan itu sebaik mungkin.

Dan selalu berharap untuk kedepannya Pemerintah Pusat maupun Daerah lebih memperhatikan lagi dibidang apapun agar Talang Batu bisa menjadi desa yang lebih maju.

Dan bapak Zul pun tidak lupa berharap kepada segenap masyarakat Talang Batu, yang beraneka ragam suku budaya dan agama, supaya tetap menjaga kebhinekaan didesa Talang Batu kata kepala desa dengan senyumnya.

Selanjutnya hal lain yang baru-baru ini terkuak terkait sejarah peninggalan Belanda, terkuak dengan ditemukannya benda-benda Bersejarah yang menambah suasana Religi yang apabila potensi ini lebih diperhatikan oleh pemerintah akan menguak sejarah yang ada di desaTalang Batu.

Dan juga di desa Talang Batu menyimpan potensi alam, hamparan luas lahan pertanian baik yang sudah produktif maupun yg belum sangatlah luas, desa yang memiliki luasan -+50100 hektar dengan jumlah KK -+2000 KK yang dihuni oleh berbagai suku dan agama, sangat mendukung perekonomian Masyarakat.

Bisa kita lihat dari banyaknya Investor dari wilayah lain yang menanam modal dibidang infestasi Perkebunan Kelapa sawit maupun yang lainnya.
Beberapa tokoh Talang Batu adalah unsur penting dari kemajuan tersebut karena berhasil menggaet investor ke Desa Talang Batu.

Karena pada kenyataanya sudah banyak sekali infestor yang sukses mendulang usaha dibidang perkebunan di desa Talang batu. Kami wartawan tribun tipikor pun menemui beberapa tokoh masyarakat Talang Batu.

Talang Batu Desa Tua Di Mesuji Yang Banyak Menyimpan Potensi

Bapak Wayan Suparte, salah satu tokoh Masyarakat menyampaikan kepada kami. Memang benar Talang batu sekarang sudah mulai maju, dan banyak sekali infestor yang sudah berinfestasi disini, makanya masyarakatnya disini tidak begitu bingung cari pekerjaan kata Bapak Wayan Tokoh Masyarakat Tersebut, tidak hanya mengandalkan kerja di PT. Sip,PT.PPA atau pun PT. Silva Induk Tani Lampung, tapi para investor sudah jelas banyak menguntungkan masyarakat Talang Batu,” imbuhnya sambil tersenyum.

Bapak Wayan S Cuma menyayangkan bnyak nya isu miring terkait tentang tanah di Talang Batu yang bermasalah atau sengketa. Bahwa sebenarnya Desa Talang Batu itu adalah desa yang aman dan nyaman untuk berinvestasi.

Apalagi desa Talang Batu ini luas. Bapak Wayan S. Berharap agar Kedepan banyak infestor yang mau berinfestasi di Desa Talang batu agar Talang batu lebih maju lagi.

Dan bisa menjadi Kampung Iconik untuk perkebunan masyarakat. Hal sama pun disampaikan oleh tokoh Masyarakat yang ada di Talang batu seperti Ghani dan Hatta Mantan Kepala desa Talang batu dan juga tokoh-tokoh lainnya.

Dan kami awak media pun mencoba mencari kebenarannya dan kami menemui beberapa infestor yang mengolah lahan perkebunan di Desa Talang batu.

Selanjutnya salah satu infestor yang kami temui Bapak Ngianto aneka logam menyampaikan kepada kami awak media Pengusaha TB Aneka Logam unit 2(dua) dan juga Perkebunan Kelapa Sawit di desa Talang batu ini sangatlah suka dan nyaman berinfestasi di desa Talang batu. Sejak tahun 2006/2007 Anton panggilan yang biasa disebut sudah ber investasi di Desa Talang batu.

Talang Batu Desa Tua Di Mesuji Yang Banyak Menyimpan Potensi

Dan selanjutnya Ngianto pun memaparkan kepada kami lebih jauh tentang Desa Talang batu. Katanya “Talang batu itu masarakatnya baik baik walaupun beraneka ragam suku tapi baik baik. Makanya saya suka dengan Talang batu, dan saya juga pengen semakin mengembangkan usaha saya di Kab Mesuji Khusus di Kecamatan Mesuji Timur ini imbuhnya sambil tersenyum”.

Dan saya juga berterima kasih kepada Masyarakat Desa Talang batu yang membantu dan bekerja dalam usaha saya selama ini.

Dan kalau pun saya masih diberi umur panjang saya sangat ingin bisa berpartisipasi untuk ikut mensejahterakan Masyarakat Mesuji” imbuhnya. Itulah yang disampaikan oleh salah satu Pengusaha di Desa Talang batu.

Sudah sangat jelas Talang batu adalah salah satu desa yang sangat luar biasa, karna terbukti menyimpan berbagai potensi disemua hal yang sifatnya untuk kemajuan desa,dan juga untuk kemajuan Kabupaten Mesuji Lampung. (M.adipurnomo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *