FGD Petani Kelapa Sawit dan Pengukuhan Pengurus DPW APKASINDO Kalbar

MOU KETUA APAKASINDO KALBAR INDRA RUSTANDI dengan Ketua GAPKI KALBAR Purwanti Munawir di saksikan Gubernur Kalbar dan Ketum DPP APKASINDO Setelah Pengukuhan DPW Kalbar Apkasindo di Hotel Mercure Pontianak , 17 Desember 2020.
MOU KETUA APAKASINDO KALBAR INDRA RUSTANDI dengan Ketua GAPKI KALBAR Purwanti Munawir di saksikan Gubernur Kalbar dan Ketum DPP APKASINDO Setelah Pengukuhan DPW Kalbar Apkasindo di Hotel Mercure Pontianak , 17 Desember 2020.

Pontianak, tribuntipikor.com

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., menghadiri Pengukuhan Pengurus APKASINDO Dewan Pimpinan Wilayah Kalbar Periode 2020-2025 dan Forum Petani Kelapa Sawit dengan tema Penguatan Kemitraan Pelaku Usaha Perkebunan Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani Kelapa di Hotel Mercure Pontianak, pada Kamis tanggal 17 Desember 2020.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar mengatakan upaya peremajaan sawit sangat didukung oleh Pemprov. Kalbar, sawit juga merupakan sektor paling tinlggi nilainya ditingkat diperolehan petani.

Gubernur Kalbar juga menegaskan Peremajaan sawit dianggap sangat penting dan jangan membiarkan lahan perkebunan sawit diisi dengan pohon-pohon yang sudah lagi tidak menghasilkan.

Sehingga peremajaan sawit ini penting, artinya jangan sampai ketika harga anjlok kita tidak mau melakukan peremajaan, tunggu harga naik baru mau melakukan peremajaan kapan mau dapatkan hasilnya, harusnya sudah terjadwal. Jangan biarkan lahan perkebunan sawit itu diisi dengan pohon-pohon sawit yang sudah lagi tidak menghasilkan karena peremajaannya yang lambat,” tegas Gubernur Kalbar.

Sementara Ketua Umum DPP Apkasindo Gulat Manurung menyampaikan bahwa Apkasindo ada di 138 Kabupaten dan Kota dan 28 Provinsi untuk menyetarakan Petani sawit agar maju bersama dan sejahtera.

Ketua DPW Apkasindo Provinsi Kalbar Indra Rustandi menyampaikan bahwa untuk Kalbar sudah terbentuk Apkasindo di Kabupaten Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Sanggau, Landak, Singkawang, Sambas, KKR, Ketapang, Kayong Utara.

Kita Apkasindo memperjuangkan Harga TBS Petani Sawit Mandiri atau swadaya, salah satunya,” kata Indra.

Ketua GAPKI Kalbar Purwanti Munawir menjelaskan selama ini petani dengan perusahaan selalu bermasalah tapi pada hari ini kita MoU bagaimana selalu bersama dalam menyelesaikan masalah sawit, berusaha bagaimana kita bekerja sama kalau kita bersama-sama sangat mudah menyelesaikan masalah.

Isi MoU antara GAPKI dengan Apkasindo adalah kerjasama dalam menangani masalah sawit,” ungkap Purwanti. (Run)

Pos terkait