Taruna AKMIL Menjadi Motivasi Implementasi Semangat Gotong Royong Masyarakat Magelang

Taruna AKMIL Menjadi Motivasi Implementasi Semangat Gotong Royong Masyarakat Magelang
Taruna AKMIL Menjadi Motivasi Implementasi Semangat Gotong Royong Masyarakat Magelang

Jawa Tengah, tribuntipikor.com

Upacara Penutupan Latihan Praja Bakti bagi Taruna Akademi Militer Tingkat II dan III, Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) dalam hal ini didelegasikan kepada Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Thomas hadir pada upacara tersebut bertempat di lapangan Kecamatan Bandongan.

Pasukan upacara terdiri dari Taruna/Taruni Akmil Tingkat I dan II berjumlah 106, perwakilan Mahasiswa, pasukan Pengasuh 32 orang dan para tamu undangan 60 orang, baik Pejabat TNI, Polri dan Sipil. Selaku Inspektur Upacara dalam kegiatan Upacara Penutupan Latihan Praja Bakti Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Magelang Bapak Adi Waryanto dan sebagai Komandan Upacara Letkol Inf Nyarman, S.I.P Danyontar Dewasa. Jum’at (4/12/2020)

Dalam sambutan tertulis Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P. yang dibacakan oleh Irup Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto menyampaikan, ”di tengah-tengah Pandemi Covid-19 yang hingga hari ini masih berlangsung, para Taruna/Taruni Akmil Calon Pemimpin Bangsa Indonesia masa depan, turut meringankan beban warga masyarakat dengan menunjukkan darma baktinya di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang melalui Kegiatan Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Tahun Pelajaran 2020/2021”.

Sekda melanjutkan, ”selaku Bupati Magelang, kami mengapresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Akmil beserta seluruh jajarannya serta kepada para Taruna/Taruni Akmil Tingkat II dan lll yang melalui kegiatan Praja Bakti ini telah membantu program-program pembangunan di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang, yang saat ini sedang dan terus akan kami lakukan dalam rangka mewujudkan masyarakat Kota dan Kabupaten Magelang yang lebih sejahtera, berdaya saing dan amanah.

“Selama 5 hari sejak tanggal 30 November sampai dengan 4 Desember 2020, para Taruna/Taruni Akmil telah banyak berperan dalam turut mensejahterakan warga masyarakat Kota dan Kabupaten Magelang melalui kegiatan Peningkatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dilaksanakan di 3 Kecamatan dan 5 Desa, yaitu di Desa Bandarsedayu Kecamatan Windusari, Desa Mangli, Desa Temanggung dan Desa Ngendrokilo Kecamatan Kaliangkrik dan Desa Gandusari Kecamatan Bandongan”, tandasnya.

“Kemudian kegiatan Padat Karya, berupa pelebaran jalan dan jambanisasi dilaksanakan di 3 Kecamatan dan 3 Desa, yaitu di Desa Balesari Kecamatan Windusari, Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik dan Desa Ngepanrejo Kecamatan Bandongan. Kami melihat melalui kegiatan Praja Bakti ini, para Taruna selain bisa mengaplikasikan ilmu dan materi pelajaran pengetahuan tentang teritorial, juga berkesempatan terjun langsung dalam rangka memberikan pengabdian langsung kepada masyarakat”, lanjutnya.

Adapun Harapan dari Bupati Magelang, ”melalui Kegiatan Praja Bakti Taruna Akmil ini mampu menjadi motivasi dan implementasi dari Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat, sekaligus bisa menjadi satu upaya membangun sinergitas antara TNI dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten Magelang, serta dengan elemen masyarakat yang lain dalam upaya memberikan pengabdian terbaik kepada Bangsa dan Negara”, harpan beliau.

Dalam kesempatan ini Bupati berpesan melalui amanatnya, ”kepada para Taruna/Taruni Akmil Calon Pemimpin Bangsa masa depan untuk terus mengawal NKRI, selalu menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, serta jangan kendor dalam mengawal Pancasila dan UUD 1945”.

Kemudian diakhiri dengan mengucapkan, “ALHAMDULILLAAHIROBBIL AALAMIIN” latihan prajabakti Taruna/Taruni Akmil TP 2020-2021 dengan resmi dinyatakan ditutup”, oleh Sekda Kab. Magelang Adi Waryanto mewakili Bupati Magelang.

Hadir dalam Upacara Penutupan Latihan Praja Bakti kali ini Sekda Kab. Magelang Adi Waryanto, Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Thomas dan para pejabat Distribusi Akmil, Kasdim 0705/Magelang Myr inf Sudarno, Kapolres kota Magelang Akbp Nugroho Ari Setiawan Sik MM CFE. Danramil Bandongan, Windusari, Kaliangkrik,Dan danramil kota Magelang.Kapolsek Bandongan, Windusari, Kaliangkrik dan kota Magelang, Para camat jajaran wilayah Prajabakti, Kajari Kab. Magelang yang diwakili Alden Simanjuntak, Kepala Damkar kota Magelang Singgih, Kasat lantas kota Magelang Akp Sugito SH, Para pengasuh dan pendamping Taruna Taruni Tingkat II dan III.

Agung Libas

Pos terkait